Sabtu , 22 Juni 2024
Home / NEWS / Edi Kamtono Temui Warga Korban Terjangan Angin Puting Beliung di Pontianak

Edi Kamtono Temui Warga Korban Terjangan Angin Puting Beliung di Pontianak

 

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Terjangan angin puting beliung memporakporandakan rumah warga di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat, Jumat (17/7) petang. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono turun langsung untuk melihat kondisi warga yang terdampak angin puting beliung. Didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak Saptiko, Edi menyusuri Gang Tri Dharma, Sapraja dan Sapta Marga. “Diperkirakan sekitar ratusan rumah yang terdampak, baik yang rusak ringan bahkan ada yang roboh,” ujarnya usai meninjau lokasi rumah warga, Jumat (17/7) malam.

Edi menginstruksikan kepada camat dan lurah untuk memastikan warga yang rumahnya terkena musibah dan tidak bisa ditempati, untuk mengungsi sementara di Aula Kantor Camat Pontianak Barat. Namun ada juga sebagian warga yang memilih tinggal sementara di rumah keluarganya. “Besok akan kita data ulang untuk melihat kerusakan yang terjadi akibat angin puting beliung,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan yang dihimpun oleh lurah dan camat. Selain di Kelurahan Sungai Beliung, Kelurahan Batu Layang juga mengalami musibah serupa. “Selain mengakibatkan sejumlah rumah rusak, ada juga pohon yang tumbang dan tiang listrik,” terang Edi.

Pihaknya juga menyiagakan petugas dari jajaran BPBD Kota Pontianak, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Kesehatan Kota Pontianak, puskesmas dan rumah sakit. “Informasi yang kita dapat ada warga yang mengalami luka lecet karena jatuh,” tuturnya.

Musibah angin puting beliung juga mengakibatkan padamnya aliran listrik sehingga kondisi gelap gulita. Sejumlah petugas PLN tengah melakukan perbaikan. ( jim/prokopim )

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin-Erani Rayakan Idul Adha Dengan Festival Takbir Keliling

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pasangan KREN (Karolin-Erani) yang merupakan bakal calon (bacalon) Bupati dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *