Rabu , 24 Juli 2024
Home / NEWS / KSOP Sintete Ajak Masyarakat Bersih Bersih Lingkungan

KSOP Sintete Ajak Masyarakat Bersih Bersih Lingkungan

B0D0B314-D8AA-49CD-B03E-23498AAEADEC

KALIMANTAN TODAY, SAMBAS – Aksi bersih bersih yang dilakukan Kesyahbandaran Otorita Pelabuhan (KSOP) Sintete, Kamis (12/9) melibatkan masyarakat diseputaran pelabuhan yang juga dihadiri oleh Camat dan Kapolsek Semparuk bersama instansi vertikal lainnya.

Aksi bersih bersih ini kata Kepala KSOP Sintete Yuli Indrawanto, adalah dalam rangka hari perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2019 turut menggelar kegiatan aksi bersih laut dan pantai.

“Sesuai instruksi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berupa aksi bersih laut dan pantai dilingkungan pelabuhan Sintete,” ujarnya usai kegiatan.

Dijelaskannya, pelaksanaannya dipusatkan sekitar pelabuhan meliputi pinggir dermaga maupun diarea pelabuhan. Hal ini dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia, dengan waktu yang sama yaitu untuk Wib pada pukul 7.30, waktu Indonesia tengah 8.30, dan waktu Indonesia wilayah timur pada 9.30,” ungkap Yuli Indrawanto.

Kegiatan tersebut lanjutnya dilaksanakan dalam tempo satu jam, sesuai wilayah masing-masing.

Kata dia, dalam kegiatan ini juga melibatkan unsur pemerintah daerah, TNI/Polri maupun masyarakat sekitar pelabuhan, yang mana di Sintete dihadiri Camat, Kapolsek serta instansi di lingkungan pelabuhan Sintete.

Dijelaskan Yuli Indrawanto, apa yang dilakukan, sebagai upaya menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut ataupun sungai.

Tujuan kegiatan mengedukasi masyarakat, bahwa sampah yang ada di Indonesia sudah sangat kronis. Termasuk dengan pembuangan sampah apalagi sampah plastik.

Ia menyebutkan dari data statistik, sampah plastik yang dibuang kelaut kurang lebih 3,2 juta ton.

“Sumber yang terbesar yang mengakibatkan biota laut mati, padahal kita tahu laut dan sungai sumber kehidupan bagi masyarakat, jadi pada intinya kita mengedukasi masyarakat supaya tidak tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi sampah plastik,” pungkasnya. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Tegaskan Dirinya Tetap Maju Sebagai Calon Bupati Landak

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Calon Bupati Landak 2025 – 2030 Karolin Margret Natasa membantah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *