Rabu , 29 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / Bupati Sis Ingatkan Warga Tak Gadaikan Sertifikat Tanah ke Bank

Bupati Sis Ingatkan Warga Tak Gadaikan Sertifikat Tanah ke Bank

Bupati kapuas Hulu, Fransiskus Diaan

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meminta warga penerima sertifikat tanah secara gratis dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kapuas Hulu agar tak menggadaikannya ke bank.

Hal itu diungkapkannya usai menyerahkan 102 sertifikat program redistribusi tanah secara gratis kepada warga Desa Kedamin Darat Kecamatan Putussibau Selatan, Senin (21/08/2023).

“Karena jika sertifikat ini sudah digadai ke Bank, sulit untuk keluar. Jika tidak ada hal yang mendesak jangan digadaikan sertifikatnya, ” ujarnya.
Lanjut Bupati, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada BPN Kapuas Hulu yang sudah berupaya untuk melakukan sertifikasi tanah warga, karena dengan adanya sertifikat yang dikeluarkan ini trntunya masyarakat sudah memiliki bukti yang sah dan menjamin kekuatan hukum atas hak tanah mereka.

“Adanya sertifikat tanah ini, saya yakin untuk konflik kedepan dimungkinkan tidak ada lagi, ” ucap Bupati.

Sementara Dicky Zulkarnaen Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa untuk di Desa Kedamin Darat, pihaknya sendiri menyerahkan sertifikat program redistribusi tanah ada 102 bidang.

“Untuk redistribusi tanah ini memang spesifik. Jadi untuk tanah negara itu melalui PTSL. Kalau untuk redistribusi itu ada kriterianya seperti pelepasan kawasan hutan yang berdasarkan dari SK Kementerian Kehutanan, ” ujarnya.

Dicky mengatakan, untuk sertifikat yang dibagikan kepada masyarakat Kedamin Darat ini ada TORA Transmigrasi melalui SK Kementerian Kehutanan. SK tersebut pun langsung ditindaklanjuti pihaknya di tahun 2015, namun sesuai penerbitan sertifikat transmigrasi itu harus melalui adanya SK CPCL yang diterbitkan oleh Bupati.

“Makanya setelah adanya SK CPCL, kitab langsung tindaklanjuti dengan penerbitan sertifikat redistribusi tanah, ” ucapnya.

Dicky menyampaikan, untuk penerbitan sertifikat redistribusi tanah target awal ada 2.000 bidang, namun nanti akan ditambah lagi karena untuk Kapuas Hulu sudah nada SK dari Menteri Kehutanan untuk pelepasan kawasan hutan dimana luasnya mencapai 4.900 bidang.

“Ini sedang dalam tahapan penerbitan sertifikat, kemarin sudah dilaksanakan sidang PPL, pencetakan sertifikat sehingga menunggu finalisasi, ” jelasnya.

Untuk penyerahan sertifikat program redistribusi tanah ini masih dalam proses, namun sudah dicetak, tetapi masih membutuhkan tandatangan pejabat pertanahan. “Setelah tahapan itu selesai baru kita bagikan kembali pada masyarakat, ” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …