Minggu , 21 April 2024
Home / NEWS / Dinas KPTPHP Gelar Pangan Murah di Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan

Dinas KPTPHP Gelar Pangan Murah di Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan

Foto– Bupati Paolus Hadi pada acara GPM di Desa Tanjung Merpati Kembayan—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau Paolus Hadi menghadiri Gelar Pangan Murah (GPM) yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau yang dilaksanakan di GPU Benua Sompe Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan, belum lama ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator Monitoring Ketersediaan dan Harga Pangan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Liferdi Lukman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar Heronimus Hero, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf. Bayu Yudha Pratama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, Camat Kembayan beserta Forkopimcam, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Monitoring Ketersediaan dan Harga Pangan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Liferdi Lukman menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian juga melaksanakan kegiatan GPM di 34 Provinsi selama bulan puasa menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kami diperintahkan oleh Menteri Pertanian yang selama bulan puasa ini hadir di 34 provinsi dan kami di sini untuk wilayah Kalbar guna memastikan ketersediaan pangan khususnya 12 bahan pokok,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengajak seluruh masyarakat untuk beryukur dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini karena ditengah kondisi dunia Indonesia masih dinilai baik dan bertahan perekonomiannya karena salah satunya ditunjang oleh faktor pertaniannya.

“Dalam keadaan paparan saat ini Indonesia secara global yang terbaik perekonomiannya. Ini karena kita ditunjang oleh sektor pertaniannya karena ketersediaan pangan kita. Untuk beras Kalbar itu sudah lumbungnya, sudah swasembada dan khusus untuk sanggau merupakan kabupaten terbaik nomor 2 se-Kalbar ketahanan pangannya,” ujar Liferdi Lukman.

Kemudian, Ia berharap kedepan Sanggau juga membuat Toko Tani Indonesia Center (TTIC) untuk menjaga kesetabilan pangan.

“Kami berharap di Sanggau ini juga ada TTIC karena sebagai salah satu instrument kita untuk menjaga kesetabilan harga serta bahan pokok dan Kalbar sudah terbaik se-Indonesia,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga mengajak pemerintah daerah untuk membuat Kawasan khusus pengembangan durian dan tanaman lainnya di wilayah Sanggau.
“Tahun ini kita di Kalbar mengembangkan durian, lengkeng, cabe rawit dah ini kita harus bangun sebagai satu Kawasan dan kami siap mensupport ini,” tegasnya.

Di akhir sambutannya Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi dan Daerah yang telah mensukseskan kegiatan Gelar Pasar Murah tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati dan Pak Kadis Ketahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten Sanggau yang telah menyelenggarakan Gelar Pangan Murah ini dan tentu diharapkan ini bermanfaat dan dirasakan betul oleh masyarakat di tempat ini,” ucap dia.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Pertanian beserta jajaran yang melaksanakan kegiatan tersebut di Sanggau.

“Terimakasih kepada kementerian melalui dinas provinsi terkait bekerjasama dengan daerah telah melaksanakan kegiatan ini, tentu ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di sini,” ujar Paolus Hadi.

PH sapaan akrabnya berharap kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan dapat dilaksanakan lagi di kecamatan lain di Kabupaten Sanggau.

“Kita lihat di sini cukup banyak yang tersedia, bawang merah, bawang putih, beras, susu, minyak goreng, dan lain sebagainya. Manfaatkan ini dengan baik, silahkan bapak ibu belanja semoga lancar dan kita semua sehat. Semoga juga kegiatan ini dapat dilaksanakan juga di kecamatan lain di Kabupaten Sanggau,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas KPTPHP Kabupaten Sanggau Kubin. Ia menyampakkan apresiasi kepada Kementerian, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dan Bupati Sanggau yang memberi suport atas terselenggaranya Gelar Pangan Murah ini.

“Harapan kami apa yang kami lakukan hari ini dapat membantu masyarakat kita, apalagi nanti umat muslim tidak lama lagi akan merayakan idul fitri. Semoga dapat sedikit membantu,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Disperindagkop dan UM Sanggau Kembali Gelar Operasi Pasar

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Operasi pasar guna pengendalian inflasi daerah jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *