Rabu , 24 April 2024
Home / NEWS / Ini 4 Nama yang Daftar Jadi Calon Ketua Golkar Kalbar 2020-2025

Ini 4 Nama yang Daftar Jadi Calon Ketua Golkar Kalbar 2020-2025

Golkar

 

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Hingga detik ini, empat orang yang sudah mengambil formulir pendaftaran untuk menjadi Calon Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Kalbar, yakni Ria Norsan, Maman Abdurrahman, Adang Gunawan dan Zulkarnaen Siregar.

“Semuanya harus memenuhi syarat awal untuk menjadi Calon Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Kalbar, yakni 30 persen dukungan dari 20 pemilik suara, atau didukung 6 pemilik suara,” kata Prabasa Anantatur, Sekretaris Ketua DPD I Partai Golkar Kalbar, ditemui di kediamannya, Kamis (27/02/2020).

Keempat nama yang ditunggu-tunggu pengembalian formulir pendaftarannya ini tidak asing lagi, baik di internal Partai Golkar maupun masyarakat Kalbar, lantaran mereka menduduki posisi strategis.

Ria Norsan merupakan Ketua Golkar Provinsi Kalbar periode sekarang dan Wakil Gubernur Kalbar mendampingi Gubernur Sutarmidji. Sementara Maman Abdurrahman merupakan Pengurus Partai Golkar pusat.

Sedangkan Adang Gunawan Pengurus DPD Partai Golkar Kalbar, dan Zulkarnaen Siregar saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPRD Provinsi Kalbar.

“Dari keempat nama itu, yang sudah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai Calon Ketua DPD I Partai hanya dua orang, Maman Abdurrahman dan Zulkarnaen Siregar,” ungkap Prabasa.

Namun, lanjut Prabasa, yang perlu dilihat itu bukan yang mendeklarasikan diri, tetapi yang mengambil formulir dan mengembalikannya dengan memenuhi persyaratan awal untuk menjadi Calon Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Kalbar.

“Kendati mendeklarasikan diri tetapi kalau yang bersangkutan tidak mengambil formulir pendaftaran, tidak bisa ditunggu,” kata Prabasa.

Pun sudah mengembalikan formulir pendaftaran, kata Prabasa, kalau yang bersangkutan tidak didukung 30 persen pemilik suara, maka tidak akan lolos menjadi Calon Ketua Golkar Provinsi Kalbar periode mendatang.

“Sementara kalau di antara keempat nama ini mendapat dukungan 50 persen plus 1 suara, maka dalam Musda Kalbar Kalbar nanti tidak perlu dilakukan voting, tetapi langsung ditetapkan sebagai Ketua Golkar Kalbar periode mendatang,” jelas Prabasa.

Dari empat nama yang meramaikan bursa Pemilihan Ketua Partai Golkar Kalbar periode 2020-2025, Prabasa hanya mengetahui jumlah dukungan terhadap Maman Abdurrahman.

“Karena saya selain Sekretaris DPD I Partai Golkar Kalbar, juga Ketua Ormas MKGR yang bulat mendukung Maman Abdurrahman sebagai Calon Ketua Golkar Kalbar,” terang Prabasa.

Ia mengungkapkan, dukungan awal terhadap Maman Abdurrahman lebih dari 30 persen, atau di atas persyaratan minimal dari aturan Partai Golkar untuk bisa maju sebagai Calon Ketua Golkar Kalbar.

“Kemungkinan besok (Jumat-red) sore Maman Abdurrahman sendiri yang akan mengembalikan formulir pendaftarannya, lengkap dengan persyaratannya sesuai aturan partai,” ungkap Prabasa.

Dukungan MKGR Kalbar masuk sebagai salah satu untuk memenuhi 30 persen dukungan terhadap Maman Abdurrahman. “Salah satu alasan MKGR Kalbar mendukung Maman Abdurrahman, karena jiwa kepemimpinan beliau,” jelas Prabasa.

Selain itu, lanjut Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar ini, Maman Abdurrahman merupakan tokoh politik level nasional yang masih muda.

“Mudah-mudahan kalau beliau (Maman Abdurrahman-red) menjadi Ketua Golkar Kalbar ke depan, partai tua ini juga menjadi partainya anak muda,” harap Prabasa.

Sehingga, lanjut Prabasa, Partai Golkar dapat meraup suara dari kalangan millenial pada Pemilu mendatang. “Semoga Golkar menjadi pemenang pada Pemiku 2024,” ucapnya.

Maman Abdurrahmab juga diharapkan dapat menyatukan semua elemen di Golkar, supaya partai berlambang pohon beringin ini tetap solid. “Kalau sudah solid di dalam, pasti terhormat di luar,” kata Prabasa.

Soliditas internal itu juga diharapkan dapat mendongkrak perolehan kursi Partai Golkar di parlemen yang menurun pada Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Christi Tentodi Raih Juara I Sayembara Video Klip Mars Kota Sanggau

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sejak pertama kali dinyanyikan pada hari jadi ke 401 Kota Sanggau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *