Kamis , 18 April 2024
Home / BENGKAYANG / Legislator Harap Pembangunan Jalan Suti Semarang Hingga Beraspal

Legislator Harap Pembangunan Jalan Suti Semarang Hingga Beraspal

Sebastianus Darwis
Sebastianus Darwis

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sedang melanjutkan proses membangunan Infrastruktur ruas Jalan Bengkayang-Suti Semarang-Serimbu sepanjang 18 Kilometer.

Ruas Jalan Suti Semarang dibuka pertama sejak jaman masa kepemimpinan gubernur Kalbar sebelumnya Cornelis, dan telah di ambil alih menjadi jalan Provinsi pada tahun 2017.

Kemudian Pemprov Kalbar melanjutkan kembali pembangunan jalan mulai September 2019, melalu Sumber Dana APBD Provinsi Kalbar sebesar 7,7 Miliyar.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar Dapil Bengkyang -Singkawang Sebastianus Darwis berharap, pembangunan jalan Suti Semarang segera di tuntaskan sesuai target dan dilanjutkan serta bisa menjadi jalan beraspal.

“Kita berharap jalan ini bisa menjadi ujung tombak antar dua kabupaten yaitu kabupaten Landak dan Bengkayang karena ini jalan pararel. Jika jalannya baik tentu ekonomi masyarakat akan baik. Tingkat pembangunan manusia juga akan baik, pendidikan dan kesehatan masyarakat,” ujar Darwis.

Darwis juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalbar, dan ia meminta agar pembangunan dilanjutkan kembali tidak hanya dibuka namun sampai jalan menjadi beraspal.

“Aspalnya paling tidak setara dengan provinsi, masyarakat juga ikut menjaga insfratruktur ada, dijaga dengan baik. Tidak merusak dan menerima sebagai aset kabupaten Bengkayang,” pesannya.

Selain itu , Darwis juga mengatakan jalan yang dibuka dapat berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pembangunan jalan tersebut tentu mendapatkan apresiasi dari masyarakat Suti Semarang, bagaimana tidak hal itu sudah di tunggu bertahun-tahun.

Sebagai bentuk ucapan syukur dan terima kasih kepada Pemprov Kalbar , masyarakat setempat sepakat mengusulkan nama jalan Suti Semarang menjadi jalan Sutarmidji, yang selaku sebagai gubernur Kalbar saat ini.

 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Kalbar, Syarif Amin mengatakan, proses pembangunan jalan Bengkayang-Suti Semarang-Serimbu didukung masyarakat sehingga tidak terkenda dalam hal apapun.

“Terget 18 kilometer pembangunan jalan Suti Semarang mencakup tiga desa yaitu desa Nangka, Kiung dan Muhi Bersatu,” ungkapnya, usai melakukan sosialisasi pembangunan jalan di kantor desa Nangka Kemarin.

Lanjutnya, pembangunan jalan Suti Semarang sudah ditangani sejak tahun 2018, karena ruas jalan Bengkayang- Suti Semarang ini berstatuskan jalan provinsi. Untuk tahun 2019 penanggan jalan Bengkayang-Suti Semarang dianggarkan sebesar Rp.7,7 milyar rupiah.

 

“Untuk membuka akses jalan Bengkayang-Suti Semarang, dan selanjutnya akan kita lanjutkan sampai tembus perbatasan Serimbu Kabupaten Landak,” ujarnya.
Selanjutnya, pada tahun 2020 akan dibangun beberapa jembatan yang kondisinya sudah memprihatikan. Penanganan tersebut sudah disampaikan Gubernur Kalbar agar jembatan di jalan Suti Semarang segera di bangun. (Titi).

 

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Kapuas Hulu Sebut Bangga Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2025

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Kabupaten Kapuas Hulu akan menjadi tuan rumah pada ajang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *