Jumat , 21 Juni 2024
Home / NEWS / Jalur Tikus Masih Jadi Primadona Penyelundup

Jalur Tikus Masih Jadi Primadona Penyelundup

Ilustrasi/net
Ilustrasi/net

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Di tengah kesibukan berbagai pihak dengan bencana kabut asap, pengawasan perbatasan negara di Provinsi Kalbar jangan sampai lengah. Terutama jalur-jalur tikus yang sampai saat ini masih menjadi primadona para penyulundup.

“Semakin sering diberantas penegak hukum, tindak penyelundupan seakan tidak pernah berakhir,” sesal Krisantus Kurniawan, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, kepada wartawan di Kota Pontianak, Sabtu (21/09/2019).

Menurut Legislator PDI Perjuangan yang lolos ke Senayan pada Pemilu lalu ini, penyelundupan baik berupa barang-barang ilegal, manusia maupun Narkoba, sangat sulit melalui pintu resmi di perbatasan. Walaupun itu bukan suatu yang mustahil.

BACA JUGA: Aksi Kejar-kejaran dan Tembakan Warnai Penangkapan Penyelundup Mobil di Perbatasan

Namun, Krisantus lebih berkeyakinan penyelundupan jauh lebih banyak melalui jalur-jalur tikus di perbatasan. “Jumlah yang diselundupkan dalam jumlah besar dapat dipastikan lebih banyak melalui jalur tikus,” katanya.

Setakat ini, berdasarkan kasus-kasus yang diungkap penegak hukum di Kalbar, terutama Narkoba, paling banyak masuk ke Kalbar melalui jalur tikus. “Kalau kita lihat yang lolos bukan satu Ons namun puluhan Kilogram,” paparnya.

Pengawasan di perbatasan, terutama di jalur-jalur tikus, menurut Krisantus, harus terus ditingkatkan. Ini merupakan langkah antisipasi yang patut menjadi perhatian bersama, terutama para penegak hukum. (dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pelaku dan Korban Berdamai, Kejari Sanggau di Entikong Hentikan Tuntutan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau di Entikong Adi Rahmanto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *