Kamis , 25 Juli 2024
Home / BENGKAYANG / Aksi Kejar-kejaran dan Tembakan Warnai Penangkapan Penyelundup Mobil di Perbatasan

Aksi Kejar-kejaran dan Tembakan Warnai Penangkapan Penyelundup Mobil di Perbatasan

931305E9-6981-4034-BE09-3AFC4E41A515

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Pasukan pengaman perbatasan (Pamtas) Yonmek 643 WNS, di Pos Desa Semunying Jaya, Kecamatan Jagoi Babang berhasil mengamankan satu unit kendaraan roda empat jenis Land Cruiser asal Malaysia.

 
Atas kejadian pengamanan itu sempat terjadi kejar-kejaran antara pelaku penyeludup dengan Pamtas Yonmek 643 WNS, Dua diantaranya berhasil diamankan sedangkan empat lainya kabur dan masih dalam pengejaran petugas Pamras.

B1781367-3958-4774-893B-67A9EBB868A2

Dansatgas Yonmex 643/WNS, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto mengatakan, Pamras Yonmek 643 WNS kemudian mengamankan Satu unit kendaraan roda empat jenis Land Cruiser dan satu unit motor yang digunakan pelaku, kemarin.

32F99D2D-12FA-4F01-B57A-89603B37A160
Lanjut Mayor Inf Dwi Agung Prihanto, berawal dari informasi masyarakat bahwa ada upaya penyeludupan kendaraan dari Malaysia melalui jalur tradisional, dan berbekal informasi tersebut kemudian anggota Pos Perbatasan di Desa Semunying Jaya melakukan pengintaian di dua titik yang diduga menjadi jalur penyeludupan. Dan tepat pada pukul 19.00 Wib dua tim yang dibentuk Danpos Semunying melihat ada tiga motor yang mencurigakan menuju jalur tidak resmi diperbatasan RI-Malaysia.

 
” Mereka menggunakan tiga motor berboncengan ada enam orang totalnya, masuk ke Malaysia untuk menjemput mobil tersebut,” ujar Mayor Inf Dwi Agung Prihanto, Jumat (20/9).

 
Kemudian dilakukan Pengintaian ditengah hutan perbatasan RI-Malaysia yang berlangsung hampir empat jam, dan sekitar pukul.22.30 Wib dua unit kendaraan roda empat diringi tiga unit kendaraan roda dua kembali masuk ke arah Indonesia melalui jalur tidak resmi.

 
Selanjutnya anggota Pos jaga di Desa Semunying Jaya yang sudah mengintai langsung melakukan penghadangan dua unit kendaraan berusaha kabur dengan menambah kecepatan begitu juga dengan kendaraan roda dua.

 
“Sehingga terjadilah aksi kejar-kejaran antara para pelaku dan petugas Pos Desa Semunying Jaya dan bahkan ada tembakan peringatan diberikan namun pelaku penyeludupan tidak mengindahkan malah berusaha melarikan kendaraan dengan kencang sehingga pelakupun hilang kendali dan menabrak tebing.m, ungkapnya.

 

Lanjut Dwi Agung Prihanto lagi, kemudian diketahui dua unit kendaraan roda empat itu antara lain Innova asal Malaysia dan Land Cruiser , dan untuk kendaraan land cruiser berhasil diamankan sedangkan yang Inova berhasil kabur ke Indonesia dan masih dalam pengejaran sampai saat ini.

 
“Untuk pelaku penyeludupan dua orang berinisial, FE dan AL. Sedangkan empat pelaku lainnya yang berhasil kabur petugas sudah kantongi juga identitas nya. Hasil interogasi dari keterangan kedua pelaku FE dan AL kendaraan yang dua unit itu sudah dibeli, dan dibawa melalui jalur tidak resmi untuk menghindari pemeriksaan petugas,” ucapnya.

 
Diungkapkan Dwi Agung Prihanto lagi, bahwa ketika terjadi kejar-kejaran dengan dua unit kendaraan pelaku penyelundupan sempat memberikan perlawanan dengan menembakkan senjata rakitan kearah anggota Pos Desa Semunying Jaya, sehingga seorang petugas yakni Danpos Desa Semunying Jaya Letda Inf.Yopi terkena tembakan pada lengan kanan dan langsung dilakukan tindakan medis.

 
“Saat ini Penyisiran dan pengejaran tengah dilakukan olah anggota Pasukan Pamtas dan anggota Polsek setempat,” pungkasnya. (Titi)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kajari Sanggau: Harapan Saya Empat Pelayanan Hadir di Tengah Masyarakat

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 di Kabupaten Sanggau dimeriahkan melalui berbagai kegiatan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *