Kamis , 22 Februari 2024
Home / NEWS / Crane Tumbang Timpa Badan Kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak

Crane Tumbang Timpa Badan Kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak

IMG-20190203-WA0080
KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Satu unit Crane yang tengah mengangkat dan menurunkan alat Boiler, tumbang di dermaga 02 Pelabuhan Dwikora Pontianak dan menimpa badan kapal KM. POWER JET dari perairan Malaysia, Minggu (03/02/2019) sore.
Mesin Boiler tersebut, milik PT.SJAL untuk kelapa sawit. Dibawa menggunakan ekspedisi yang berkantor di Jalan Komyos Sudarao Pontianak Barat.
IMG-20190203-WA0081
Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, namun karena dermaga 02 adalah tempat untuk terminal penumpang, bongkar muat kapal barang dan Kapal Roro, maka evakuasi dilakukan dengan cepat.
“Dermaga 01 sampai dengan 03 adalah terminal tempat turun naikan penumpang kapal, bongkar muat dan juga tempat Kapal Roro berlabuh,” ungkap Kapolsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak, AKP Primas Dryan Maestro.
Kata Primas, butuh waktu dua jam, dalam melakukan evakuasi Crane tersebut. Evakuasi dilakukan menggunakan alat bantu 1 buah staker milik PT. Pelindo II, untuk menempatkan Crane ke dermaga 01.
Crane tersebut dioperatori oleh Rajali (54) yang selamat dan tidak menimbulkan korban jiwa.
Penyebab jatuhnya Crane itu kata AKP Primas, pengikat Boiler pada kapal masih tersangkut sehingga menyebabkan Crane tersebut tumbang kearah kapal.
“Crane tersebut tumbang ke arah kapal dan boiler nya terjatuh antara dermaga dan badan kapal,” papar Primas.
Kata Primas, sebagai Kapolsek ia bersama anggota melakukan  pengamanan dan bekerjasama dengan pihak Pelindo untuk prosea evakuasi di area kejadian. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sanggau Minta ASN Netral dan Tidak Golput

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *