Jumat , 3 Mei 2024
Home / EKONOMI / Resmikan Pabrik Sawit di Mandor, Karolin Minta Berdayakan Masyarakat Setempat

Resmikan Pabrik Sawit di Mandor, Karolin Minta Berdayakan Masyarakat Setempat

Bupati Landak
Bupati Landak Karolin Margret Natasa saat meresmikan Pabrik Kelapa sawit, PT Gunung Rinjau Sejahtera di Mandor.         
KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa meresmikan Pabrik Kelapa Sawit dari PT. Gunung Rinjau Sejahtera (GRS) di Desa Selutung, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Landak yakni Ketua DPRD Kabupaten Landak, Kapolres Landak serta Camat Mandor, Kepala Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.
Dalam sambutannya Bupati Landak menejelaskan tetang pentingnya sebuah perusahaan berada di Kabupaten Landak untuk kemajuan masyarakat landak dalam bidang perekonomian dan kesejahteraan. Untuk itu perlu adanya kerjasama yang baik antara Pihak Perusahaan, Pemerintah dan Masyarakat dalam membangun Kabupaten Landak yang aman dan ramah terhadap investasi.
“Saya ucapkan selamat beraktifitas pabrik kelapa sawit kepada PT. Gunung Rinjau Sejahtera, semoga dengan dibuka pabrik kelapa sawit ini semakin memperbesar usaha investasi yang ada di Kabupaten Landak dan ini adalah peluang ekonomi bagi masyarakat sehingga dapat dimanfaatkan secara positif. Saya juga mengajak PT. GRS untuk dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan memprioritaskan masyarakat setempat menjadi pekerja di PT. GRS sesuai dengan jenjang pendidikan yang mereka miliki.” Ucap Karolin.
Bupati Landak juga menghimbau pihak perusahaan untuk dapat mengikuti peraturan yang berlaku baik dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten seperti masalah perizinan, ketenagakerjaan, dan pembuangan limbah pabriknya. Selain itu, Bupati Landak mengajak PT. GRS untuk ikut serta membangun Kabupaten Landak melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan.
“Saya berpesan kepada perusahaan untuk mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku baik itu dibidang perizinan dan ketenagakerjaan tolong dipahami dan diikuti serta pembuangan limbah tolong diperhatikan dengan baik dan jangan sampai mencemari lingkungan, jika ada pencemaran lingkungan disekitar perusahaan agar segera melaporkan ke Pemda Landak sehingga bisa dilakukan pembinaan dan tidak mengganggu lingkungan. Untuk Corporate Social Responsibility (CSR) saya harapkan pihak perusahaan dapat menyalurkannya secara benar dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabuputen Landak.” Jelas Bupati Landak.
Komisaris PT. Gunung Rinjau Sejahtera Anton Hidayat Willian mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Landak yang sudah memberikan peluang dalam membangun Pabrik Kelapa Sawit di Kabupaten Landak. PT. GRS akan menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat kabupaten landak terutama masyarakat di desa Selutung, Kecamatan Mandor.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Landak yang sudah memberikan peluang kepada kami untuk membangun Pabrik Kelapa Sawit di Kabupaten Landak. Pabrik ini dibangun dengan kapasitas 45 ton perjam dan menyerap TBS minimal 900 ton perhari. Harapannya dengan adanya PT. GRS di Landak tidak hanya untuk mencari keuntungan semata, tetapi mampu meningkatkan kinerja perkebunan kelapa sawit, menyerap lapangan kerja, menambah pendapatan daerah serta mningkatkan perekonomian di Landak.” Ucap Anton.
Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio menghimbau Pihak Perusahaan PT. GRS dan masyarakat untuk dapat saling bekerjasama dalam menciptakan keamanan dan kerukunan di perusahaan dan sekitarnya, agar menjadi investor yang dapat dicintai masyarakatnya.
“kehadiran Polisi tidak akan bermusuhan dengan masyarakat tetapi kehadiran kami untuk menjadi pengaman dan pengayom masyarakat sesuai dengan aturan hokum yang ada di Indonesia, jadi tidak ada bahasanya polisi berpihak kepada perusahaan. Kepolisian akan menjadi mediator ketika terjadi permasalahan yang terjadi, sehingga saya berharap PT.GRS menjadi investor yang dapat dicintai masyarakat.” Ucap Bowo.

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *