Sabtu , 4 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Ajukan Raperda Perumda Tirta Uncak Kapuas

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Ajukan Raperda Perumda Tirta Uncak Kapuas

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyerahkan draf dokumen Raperda Kapuas Hulu tentang Perumda Tirta Uncak Kapuas ke DPRD Kapuas Hulu.

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terhadap Perumda Tirta Uncak Kapuas, Pemkab Kapuas Hulu mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada DPRD Kapuas Hulu. Penyerahaan dokumen tersebut dilakukan saat Rapat Paripurna di gedung DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Putussibau l, Senin (20/2/2023).

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan Peraturan Daerah (Perda) adalah unsur penting dalam pelaksanaan Otonomi Daerah (Otda). Perda bisa diartikan sebagai bentuk kemandirian daerah dalam penyelenggaraan Otda.

“Sebelumnya ada Perda Nomor 1 tahun 1991 tentang perusahaan air minum daerah tingkat dua Kabupaten Kapuas Hulu. Dari peraturan itu sudah terbentuk PDAM. “Ini sudah 31 tahun umurnya perlu diadakan perubahan untuk tingkatkan manajemen untuk peningkatan layanan ke masyarakat,” kata Bupati Kapuas Hulu.

Selanjutnya sesuai Peraturan Pemerintah nomor 54 tahun 2017 termaktub perubahan nama BUMD ke Perumda. Maka dengan aturan ini Pemda Kapuas Hulu perlu melakukan penyesuaian dan ganti nama terhadap PDAM.

“Perubahan tersebut juga dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menambah sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta percepat pencapaian visi misi Kapuas Hulu HEBAT,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, sejak 2002 hingga 2018, PDAM Kapuas Hulu sudah disertakan modal oleh Pemda Kapuas Hulu dan jumlahnya Rp 47 miliar lebih. Sejak saat itu PDAM tidak lagi disertakan modal dan sekarang sudah berkembang dengan cukup baik.

SPAM milik PDAM sudah berada di 16 kecamatan dan 2 desa. Total pelanggannya ada 15 ribu yang aktif dan 3849 pelanggan pasif (nunggak pembayaran hingga diputus layanan PDAM).
“Kami melihat pengembangan usaha ini harus dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Kapuas Hulu, sebab air bersih adalah salah satu kebutuhan,” ujar Bupati.

Bupati berharap dengan Perda baru tentang Perumda Tirta Uncak Kapuas bisa meningkatkan pemenuhan air bersih untuk hajat hidup orang banyak, meningkatkan PAD dan turut serta pembangunan untuk kejar visi misi daerah Kapuas Hulu HEBAT.

“Kami juga berharap DPRD bisa menyempurnakan Raperda ini dan menjadikannya Perda Kapuas Hulu,” tutup Bupati. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *