Sabtu , 15 Juni 2024
Home / KAPUAS HULU / Ajak Parpol Deklarasi Pemilu Damai

Ajak Parpol Deklarasi Pemilu Damai

Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas oleh Ketua KPU Kapuas Hulu beserta Parpol.

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu menyelenggarakan Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas yang melibatkan semua Partai Politik sejumlah 16 Parpol. Deklarasi yang digelar di aula MABM Putussibau, Selasa (21/02/2023) tersebut dibuka langsung Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan.

Dalam sambutannya Fransiskus Diaan Bupati Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa pada hari ini merupakan hari yang penting bagi semuanya karena dapat menghadiri pelaksanaan deklarasi pemilu damai dan berintegritas.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Bawaslu yang mengadakan acara deklarasi pemilu damai ini. Sebelum masa kampanye pemilu berlangsung sangatlah tepat bagi Bawaslu sebagai salah satu penyelenggara pemilu deklarasi Pemilu damai,” katanya.

Bupati mengatakan, dengan pertemuan ini juga membuktikan adanya kesatuan semangat untuk bersama-sama mewujudkan pelaksanaan pemilu yang damai langsung, umum, bebas dan rahasia jujur adil dan berintegritas tanpa adanya hoax ujaran kebencian dan politik identitas.

“Tentunya untuk menyukseskan pemilu di Kabupaten Kapuas Hulu membutuhkan energi dan kerjasama lintas sektoral. KPU sebagai penyelenggara pastikan seluruh tahapan dapat berjalan sesuai jadwal dan waktu melaksanakan,’ ujarnya.

Lanjut Bupati, tugas pengawasan aparat kepolisian yang didukung oleh TNI menyaksikan kondisi dan seluruh tahapan pelaksana dengan baik pemerintah daerah selaku fasilitator memfasilitasi sesuai dengan kewenangannya dan kemudian partai politik, organisasi pemuda dan mahasiswa tentu memiliki peran masing-masing untuk mendukung terselenggaranya Pemilu yang damai dan integritas.

“Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini akan kita manfaatkan untuk mendeklarasikan Pemilu Damai dan berintegritas, ” ujarnya.

Sementara Karyansyah Anggota Bawaslu Kapuas Hulu menyampaikan dengan deklarasi damai dan berintegritas ini merupakan persiapan pihaknya menjelang pemilu tahun 2024. “Deklarasi damai tentunya itikad baik untuk kita semua dalam berkomitmen mendukung Pemilu damai dan berintegritas, ” ujarnya.

Karyansyah mengatakan, dalam pengawasan dan tindakan pencegahan Pemulu 2024, pihaknya sudah melaksanakan beberapa program yakni tokoh Adat mitra Bawaslu, Randau Ruai, Desa Pengawal Demokrasi dan milenial peduli Pemilu.

“Kita harapkan Deklarasi Pemilu damai ini dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran saat kampanye Pemilu berlangsung, ” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *