Rabu , 24 April 2024
Home / CULTURE / Besok Acara Puncak Gawai Dayak Nosu Minu Podi XVIII

Besok Acara Puncak Gawai Dayak Nosu Minu Podi XVIII

Foto—Wakil Bupati Sanggau yang juga Ketua DAD Sanggau, Yohanes Ontot meninjau lokasi pelaksanaan ritual Nosu Minu Podi XVIII, Rabu (06/07/2022)—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Berdasarkan jadwal, acara puncak Gawai Dayak Nosu Minu Podi XVIII Kabupaten Sanggau bakal digelar, Kamis (07/07/2022) di Rumah Betang Dori Mpulor.

Guna memastikan kelancaran acara puncak terebut, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot meninjau lokasi pelaksanaan, Rabu (06/07/2022).

“Rangkaian ritualnya sudah dimulai dari sore kemarin (05/07/2022), yaitu ritual Bepadah di Pedagi. Hari ini dilanjutkan ritual Manta’ di Pedagi juga, kemudian lanjut lagi ke ritual berikutnya siang nanti. Ini semua persiapan untuk acara puncak Nosu Minu Podi besok,” ujar Yohanes Ontot yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau itu.

Ia menjelaskan, seluruh rangkaian ritual itu merupakan bentuk permohonan doa keselamatan kepada Tuhan dan seisi penunggu alam agar pelaksanaan puncak Nosu Minu Podi besok berjalan lancar dan selamat.

“Mudah-mudahan Penompa dan para leluhur ikut menjaga kita semua di Kabupaten Sanggau khususnya di sekitaran tempat ini,” ucapnya.

Ritual Nosu Minu Podi ke-XVIII dituan-rumahi DAD Kecamatan Toba. Ketua DAD Toba, Sukamto menjelaskan, ritual Manta’ yang dilakukan pada Rabu ini merupakan permohonan kepada Tuhan melalui leluhur untuk melindungi prosesi Nosu Minu Podi dan menjaga Sanggau dari berbagai bahaya.

“Nama adatnya kalau kami menyebutnya Mulang Pedagi. Intinya meminta keselamatan dan perlindungan kepada Yang Maha Kuasa melalui perantara para arwah leluhur yang ditempatkan di Pedagi,” tutur Sukamto. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Direktur RSUD M.Th Djaman Tegaskan Siap Layani Pasien DBD Jika Ada Lonjakan

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Direktur Rumah Sakita Umum Daerah (RSUD) M.Th. Djaman, Roy Naibaho menegaskan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *