Selasa , 16 Juli 2024
Home / HUKUM / Dijanjikan Beasiswa, Siswa SMK Negeri 01 Sanggau Jadi Korban Penipuan

Dijanjikan Beasiswa, Siswa SMK Negeri 01 Sanggau Jadi Korban Penipuan

Foto—SMK Negeri 01 Sanggau.

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sejumlah pelajar di SMK Negeri 01 Sanggau diduga menjadi korban penipuan beasiswa dari oknum nakal yang mengatasnamakan pihak sekolah.

“Informasinya seperti itu. Penipu mengaku Kepala Sekolah dan kadang mengaku guru,” kata Amin Kusasi, Kepala Sekolah SMK Negeri 01 Sanggau dikonfirmasi wartawan, Kamis (3/2).

Amin Kusasi menyebut, pelajar yang menjadi korban sempat menyerahkan uang pulsa bervariasi sesuai permintaan pelaku.

“Kabarnya ada yang menyerahkan Rp 200 ribu sampai Rp 600 ribu. Totalnya kemungkinan jutaan Rupiah,” ujar Amin Kusasi.

Prosedur pemberian beasiswa, jelas Amin, tidak pernah melalui telepon. Calon penerima beasiswa didaftarkan pihak sekolah melalui Dapodik yang langsung terkoneksi ke pusat.

“Kalau sudah ada info dari pusat, sekolah menginfokan kembali ke siswa untuk datang ke sekolah untuk menerima SK penerima beasiswa yang selanjutnya mencairkannya ke Bank. Dan beasiswa langsung masuk rekening siswa,” jelasnya.

Agar tidak terjadi hal serupa, pihak Sekolah, lanjut Amin Kusasi, langsung menginformasikan ke siswa untuk tidak mudah percaya dengan oknum yang mengatasnamakan sekolah.

“Sudah kami sampaikan di group WhatsApp kelas masing-masing dan kami infokan juga melalui guru kelas saat mengajar untuk tidak menanggapi telepon dari luar. Dan pihak sekolah tidak pernah meminta apapun dari penerima beasiswa,” tegasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Tegaskan Pengusaha Walet Wajib Bayar Pajak, Perintahkan OPD Teknis Cek Lapangan

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman menegaskan para pengusaha sarang burung walet memiliki kewajiban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *