Jumat , 1 Maret 2024
Home / NEWS / BPBD Salurkan Bantuan Sembako dari Perusahaan ke Desa Semuntai

BPBD Salurkan Bantuan Sembako dari Perusahaan ke Desa Semuntai

Foto—SALURKAN BANTUAN BANJIR. Petugas mengangkut bantuan dari perusahaan ke Kantor Desa Semuntai, Kecamatan Mukok, Minggu (07/11/2021)—Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau menyalurkan bantuan sembako dari pihak perusahaan, BUMD maupun BUMN ke Desa Semuntai, Kecamatan Mukok, Minggu (07/11/2021).

Penyerahan bantuan dilakukan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaaan BPBD Sanggau, Rahmat Mulyadi dan diterima langsung Kepala Desa Semuntai, Nuryadin.

“Bantuan ini berupa sembako terdiri dari beras, telur mie instan. Kita juga menghimpung sementara ini sumbangan dari perusahaan dan BUMN. Disamping itu kita juga dalam kondisi darurat ini, sangat mengkhawatirkan, kita juga mengajukan ke Pemda, Dana Siap Pakai (DSP),” kata Rahmat Mulyadi.

Rahmat mengaku untuk mengeluarkan DSP tetap ada proses yang harus dijalani. Sementara itu, pihaknya juga mengajukan surat surat ke perusahaan dan BUMN untuk menyikapi kondisi saat ini.

“Batuan ini (dari perusahaan, red) disalurkan di Mukok, Jangkang, dan mungkin juga nanti di Tayan Hilir. Tapi di Tayan saya dengar informasi dari Camat, ada bantuan dari PT Antam,” ujarnya.

Kades Semuntai, Nuryadin, mengatakan hingga saat ini tak kurang dari 628 jiwa yang terdiri dari 218 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir.

“Untuk ketinggian air sekitar 1,5 meter. Kalau untuk yang mengungsi, kita masing-masing dusun. Karena Semuntai ini ada empat Dusun. Dusun Semuntai, Sungai Akar, Dusun Olay, Dusun Pelaik. Yang paling parah ini Dusun Semuntai dan Sungai Akar. Untuk di Semuntai, karena kita belum ada tenda pengungsi, ada yang tempat keluarga,” ungkap Nuryadin.

Sebelumnya ia mengaku telah menerima bantuan berupa satu ton beras dari BPBD Kabupaten Sanggau. Namun lantaran banyaknya warga yang terdampak banjir, warga masih banyak memerlukan bantuan.

“Memang ini baru pertama kali banjir sebesar ini,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau: Imlek dan Cap Go Me adalah Perayaan Arti Penting Persaudaraan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Perayaan Imlek dan Cap Go Me 2024 digelar halaman Mall Pelayanan Publik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *