Kamis , 16 Mei 2024
Home / NEWS / Konsumsi Ikan di Sanggau Dibawah Target Nasional, Kubin: Kita akan Surati Kementerian Kelautan dan Perikanan

Konsumsi Ikan di Sanggau Dibawah Target Nasional, Kubin: Kita akan Surati Kementerian Kelautan dan Perikanan

Foto—Kubin

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Sanggau masih berada dibawah target nasional. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau mencatat konsumsi ikan masyarakat baru sekitar 36 kilogram perorang pertahun.

“Target nasional 59 kilogram perorang pertahun, kita (Sanggau) baru sekitar 63 persen,” ungkap Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Kubin, Rabu (11/8/2021).

Pasokan ikan tersebut, dijelaskannya, sebagian didatangkan pedagang dari luar daerah, sebagian lagi dipenuhi dari lokal. Khusus ikan air tawar, menurut Kubin, ada yang dipasok dari sejumlah kecamatan yang memiliki keramba, seperti wilayah Tayan.

“Ikan laut didatangkan dari luar daerah oleh pedagang kita. Soal harganya memang lebih murah karena proses tangkapnya lebih efisien,” tambahnya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, pihaknya memperkuat pusat pembibitan ikan di Sejuah, Kecamatan Noyan. Selain itu, dinas yang dipimpinnya juga akan menyurati Kementerian Kelautan dan Perikanan agar Dana Alokasi Khusus (DAK) diarahkan untuk mendukung pembudidayaan ikan air tawar melalui keramba apung di Kabupaten Sanggau.

“Memang Sanggau tidak punya laut, tapi kami coba surati Kementerian agar DAK tahun depan bisa diarahkan kesini untuk keramba apung,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Disbunnak Sanggau Siapkan 12 Ribu Dosis Vaksin Rabies

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Seiring dengan jumlah kasus gigitan hewan penular rabies (HPR) terus bertambah, Dinas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *