Rabu , 19 Juni 2024
Home / NEWS / Kontak Erat dengan Terkonfirmasi Covid-19, Ratusan Warga Sanggau Ikuti Swab PCR Gratis

Kontak Erat dengan Terkonfirmasi Covid-19, Ratusan Warga Sanggau Ikuti Swab PCR Gratis

Foto–Warga Tampak Antusias Mengikuti Swab PCR yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Sanggau, Senin (31/5/2021)–ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sebanyak 205 warga Sanggau dari sejumlah Puskesmas mengikuti Swab PCR yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Senin (31/5/2021). Antusias warga datang ke Sekretariat TRC Sanggau jalan Ahmad Yani, tempat ditegarnya Swab PCR itu, cukup tinggi.

“Sebenarnya dari hari Jumat kemarin. Ditambah yang kontak erat Swab yang sebelumnya, karena ada beberapa orang yang tidak bisa hadir pada saat itu kita kejar, ditambah kasus-kasus yang baru. Makanya hari ini ramai yang mengikuti Swab,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sanggau melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Roy Naibaho kepada wartawan, Senin (31/5/2021).

Dikatakannya, dari 205 orang yang menjalani Swab, dari Puskesmas Kapuas sebanyak 100 orang terdiri dari kontak erat, bergejala, screning antigen positif, termasuk mereka yang berasal dari perusahaan-perusahaan di Kapuas.

Kemudian dari Puskesmas Pusat Damai ada 5 orang, Puskesmas Beduai ada 29 orang, Puskesmas Kedukul ada 29 orang, Puskesmas Tanjung Sekayam ada 26 orang, Puskesmas Sosok 5 orang dan Puskesmas Kembayan 20 orang.

“Tapi data ini bisa bertambah melihat kondisi terakhir,” tambah Roy.

Ia memastikan Swab yang dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis. “Yang kita swab hari ini yang memiliki riwayat seperti kontak erat, bukan karena keinginan pribadi, karena kita tidak melayani yang seperti itu,” ujarnya.

Masyarakat diharapankan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Pemerintah melalui 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Ini strategi kita untuk terhindar dari virus. Mohon kerjasama masyarakat Sanggau untuk patuh dan disiplin dalam menerapkan 5 M ini. Dengan begitu, secepatnya aktifitas kita akan kembali seperti biasanya secara normal,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Tekan Inflasi Daerah, Pemda Sanggau Gelar Pasar Murah

  KALIAMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah daerah (Pemda) Sanggau kembali menggelar pasar murah, Kamis (13/06/2024) pagi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *