Selasa , 18 Juni 2024
Home / NEWS / 601 Hektare Lahan Pertanian di Sanggau Terendam, Dishangpang Pastikan Tak Ada Padi yang Rusak

601 Hektare Lahan Pertanian di Sanggau Terendam, Dishangpang Pastikan Tak Ada Padi yang Rusak

Plt. Kadishangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, Kubin

 

SANGGAU. Bencana banjir di enam kecamatan di Kabupaten Sanggau tak hanya merendam rumah, tapi juga lahan pertanian. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau mencatata sedikitnya 601 hektar lahan pertanaian yang terendam banjir.

Enam kecamatan yang terendam banjir yaitu: Entikong, Sekayam, Kapuas, Beduai, Kembayan dan Bonti.

“601 hektar itu yang terkena dampak, tapi belum terdata semua. Kemungkinan akan bertambah,” kata Plt Kepala Dishangpang Hortikan Sanggau, Kubin.

Meski begitu, Kubin menegaskan belum ada tanaman padi petani yang puso (rusak), karena banjir itu hanya numpang lewat. Paling lama terjadi hanya tiga hari. Lagi pula tanaman padi yang terkena banjir itu sudah kokoh pertumbuhannya.

“Itu dari analisa di lapangan dan konfirmasi via telfon,” sebutnya

Sebagai alternatif, Kubin menyebut harus disusun jadwal tanam. Bagaimana caranya agar jadwal tanam itu tidak disaat musim hujan (lanina).

“Jangan sampai musim tanam itu pas di puncak musim hujan. Tentu hal itu terus kita lakukan sosial agar dapat dipahami petani,” tutupnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *