Jumat , 3 Mei 2024
Home / NEWS / Giliran Kembayan, Bonti dan Mengkiang Banjir, Kepala BPBD: Di Entikong dan Sekayam Air Sudah Surut

Giliran Kembayan, Bonti dan Mengkiang Banjir, Kepala BPBD: Di Entikong dan Sekayam Air Sudah Surut

Foto—Banjir di ibukota Kecamatan Bonti. dok

 

SANGGAU. Banjir akibat tingginya curah hujan yang terjadi di Kecamatan Entikong dan Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalbar pada Kamis (14/1), kini berangsur surut.

“Untuk Entikong sudah surut dan Sekayam juga sudah surut,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Siron, Jumat (15/1/2021).

Saat ini, kata Siron, banjir justru terjadi di Kecamatan Kembayan, Kecamatan Bonti, dan di Mengkiang, Kecamatan Kapuas.

“Kembayan dan Bonti kerena banjir kiriman dari hulu akibat turun hujan deras kemarin,” sebut Siron.

Foto—-Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Siron

Sementara itu, Kasi Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sanggau Kristian Hendro merinci sejumlah titik-titik di Kecamatan Entikong dan Sekayam yang sempat tergenang banjir.

Ia menyebut, tiga titik jalan raya yang sempat tergenang banjir itu yakni di Kuala Dua sepanjang 10 meter dengan ketinggian 5-10 centimeter. Kemudian di Muara Ilai sepanjang 20-25 meter dengan ketinggian 20-40 centimeter. Selanjutnya di Beduai sepanjang 10 meter dengan ketinggian 5-10 centimeter.

” Di Entikong, ada 57 terdampak banjir dan tanah longsor. Kemudian di Sekayam ada 24 KK terdampak banjir. Dan BPBD telah menyalurkan bantuan seperti mie instan, air mineral, minyak goreng, gula dan paket sembako lainnya,” ungkap Hendro.

Warga yang bermukim di daerah rawan banjir dan longsor, diminta lebih mawas diri dan siap siaga dalam menghadapi cuaca ekstrim yang berpotensi berdampak pada banjir dan longsor.

“Harus mempersiapkan mitigasi bencana Batingsor di wilayah daerah rawan bencana Batingsor,” tambahnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *