Rabu , 24 Juli 2024
Home / NEWS / Jadikan Temajuk sebagai Kecamatan

Jadikan Temajuk sebagai Kecamatan

Suriansyah

 

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas memiliki wilayah yang sangat luas. Sehingga masyarakatnya berharap, wilayah ekor pulau Kalimantan ini dibentuk menjadi kecamatan baru.

“Supaya bisa mendukung percepatan pengembangan sektor pariwisatanya,” kata Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, ditemui kalimantantoday.com di ruang kerjanya, kemarin.

Legislator Kalbar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Sambas yang baru pulang reses ke desa yang berbatasan langsung dengan jiran Malaysia ini mengungkapkan, Desa Temajuk memiliki segudang potensi wisata.

Desa Temajuk, lanjut Suriansyah, mempunyai pantai pasir putih dan hamparan bebatuan yang indah. “Bukan hanya sering dikunjungi masyarakat Kalbar Indonesia, tetapi juga dari Serawak Malaysia,” ujarnya.

Desa ini juga sangat dikenal sebagai wilayah pendaratan Penyu, satwa yang dilindungi. “Juga menjadi tempat perburuan ubur-ubur, baik oleh masyarakat maupun pengusaha,” ucap Suriansyah.

Selain objek wisata pantai, kata Suriansyah, Desa Temajuk juga menawarkan keindahan mangrove, hutan alam, agro dan budaya. “Masih banyak potensi wisatanya yang bisa dikembangkan,” tuturnya.

Seharusnya, kata Suriansyah, pemerintah menetapkan Temajuk sebagai Desa Wisata. “Fokus pengembangannya pada sektor pariwisata,” terangnya.

Potensi wisata tersebut, menurut Suriansyah, lantaran memang didukung letak geografis Desa Temajuk yang berbatasan dengan Teluk Melano Malaysia Timur, Laut Natuna, Desa Sebubus dan Sajingan.

Namun, kata Legislator Gerindra ini, lantaran letak geografis itu pula Desa Temajuk dihadapkan pada berbagai permasalahan untuk mengembangkan sektor pariwisata dan lainnya.

“Tegangan listrik saja di Desa Temajuk masih tidak stabil. Sehingga sering menyebabkan rusaknya peralatan elektronik warga,” ungkap Suriansyah.

Selain itu, lanjut Suriansyah, masih sulit mengakses internet di Desa Temajuk. “Hanya beberapa spot yang bisa mendapat sinyal di desa tersebut,” katanya.

Infrastruktur jalan dan jembatannya pun, tambah dia, masih kurang memadai, baik yang berstatus jalan dan jembatan desa maupun kabupaten. “Ini tentu perlu perhatian dari pemerintah, baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten,” ucap Suriansyah.

Ia mengatakan, masyarakat masih sangat mengharapkan jalan strategis nasional dan provinsi menuju Desa Temajuk dapat segera diperbaiki, karena kondisinya saat ini kurang memadai.

Suriansyah menilai, berbagai pembangunan untuk mendukung sektor pariwisata di Desa Temajuk, akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Olehkarenanya, tambah dia, pemerintah diharapkan membuat masterplan untuk pengembangan wisata di Desa Temajuk. “Sehingga pembangunan objek wisatanya dapat terarah dan terencana dengan baik,” tutup Suriansyah.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Tegaskan Dirinya Tetap Maju Sebagai Calon Bupati Landak

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Calon Bupati Landak 2025 – 2030 Karolin Margret Natasa membantah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *