Jumat , 19 Juli 2024
Home / BENGKAYANG / Cegah Corona, Kapolres Bengkayang Himbau Masyarakat Tunda Mudik

Cegah Corona, Kapolres Bengkayang Himbau Masyarakat Tunda Mudik

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Pemerintah menyatakan bahwa jumlah pasien Covid-19 masih terus bertambah. Berdasarkan data hingga Minggu (12/4) pukul 12.00 WIB, total ada 4.241 pasien Covid-19 di Tanah Air. Dengan demikian, terdapat penambahan pasien 399 yang dinyatakan positif virus corona dalam 24 jam terakhir. Pemerintah pun tak henti-hentinya untuk terus memberikan maklumat ke masyarakat agar tetap menjaga jarak, tetap tinggal di rumah,nitu adalah salah satu upaya memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19.

Polres Bengkayang dalam upaya memotong rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) selain melarang warga nongkrong dan menjaga jarak saat berkumpul, juga menyarankan masyarakat di perantauan agar menunda mudik di tahun ini.Dengan pertimbangan yang lebih penting yaitu mengurangi resiko tertular dan menularkan virus corona.

Kapolres Bengkayang AKBP Natalia Budi Darma, saat dihubungi Minggu (12/4), mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang yang tinggal di luar daerah Kalimantan Barat untuk tidak mudik tahun ini. Mengingat Covid-19 masih terus terjadi.

“Untuk sementara waktu kami menghimbau warga perantau di kabupaten Bengkayang menunda mudik ke kampung halamannya, dan tetap selalu menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar, guna dalam rangka mendukung langkah pemerintah untuk social distancing dan mengurangi penyebaran virus Corona,” katanya.

Lanjutnya, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk memberikan himbauan dan pemahaman kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya untuk tidak mudik sementara waktu. Di karenakan melalui kontak antar manusia apalagi dari luar daerah rawan menyebabkan penularan virus menjadi meluas.

“Ketika mudik, pastinya kontak terjadi, yang membuat kemungkinan tertular penyakit Corona makin besar. Untuk itu kami Polres Bengkayang mengimbau agar masyarakat bersabar untuk tidak mudik hingga pandemik corona ini dapat diatasi, ” tuturnya.

Kemudian bagi masyarakat yang tinggal di rumah, lanjut Kapolres, masyarakat juga menjalankan upaya menjaga jarak aman sosial (social distancing) dan isolasi mandiri untuk mencegah bertambahnya virus corona. Karena gerakan tinggal di rumah itu sudah bagus tinggal supaya dipatuhi, dan akan efektif jika ada yang mengawasi.

Diwaktu yang berbeda, Sat Lantas Polres Bengkayang gencar melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan yang berpotensi menjadi penyebaran Virus Corona (Covid-19). Sosialisasi yang dilakukan, dengan menyebarkan pamflet.

Kasat Lantas Polres Bengkayang, IPTU Tri Teguh Mulyono, sejauh ini ia telah melakukan berbagai upaya dan sosialisasi baik melalui media cetak, radio dan media sosial lainnya. Kata ia, tindakan tersebut adalah upaya sat lantas dalam mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Dan hal tersebut juga bagian dari instruksi Kapolres.

“Untuk itu, kami lakukan penempelan stiker, sosialisasi di media, dan penyebaran brosur kepada pengendara yang merupakan faktor utama penyebaran covid 19,” ungkap Kasat Lantas Polres Bengkayang IPTU Tri Teguh Mulyono.

Kata ia, sejumlah tempat yang menjadi lokasi sosialisasi itu diantaranya lokasi pusat perbelanjaan, depan perkantoran dan lokasi pemukiman. Lokasi ini dipilih, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tetap menjaga jarak supaya tidak tertular Virus Corona.

“Himbauan yang diberikan sesuai perintah dari pimpinan. Sehingga, masyarakat senantiasa menjaga pola hidup bersih dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan. Paling penting sekali apabila di rumah atau keluar rumah hendaknya menggunakan masker demi keselamatan bersama,”tutup IPTU Teguh.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Kapolsek Samalantan, Ipda Nusantara Sembiring, upaya dalam mencegah rantai penyebaran Covid 19 diwilayah hukumnya pihaknya terus melakukan sosialisasi Social distancing dan Pysikal Distancing.

“Kita berikan pengertian ke warga agar tetap berjaga jarak ke sesama sehingga tidak mudah terinfeksi virus. Mari kita bersama-sama cegah penyebaran covid 19, ikuti setiap arahan pencegahan dari Pemerintah,” Kapolsek Ipda Nusantara Sembiring.

Sumber: Bengkayang Today

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Serapan Anggaran di Dinas PUPR Sanggau Baru 8,50 persen, Target 90 Persen Sampai Akhir Tahun

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Memasuki semester kedua tahun anggaran 2024, serapan anggaran di Dinas Pekerjaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *