Selasa , 25 Juni 2024
Home / LANDAK / Jelang Arus Mudik Natal Tim Gabungan Gelar Ramp Check Kendaraan

Jelang Arus Mudik Natal Tim Gabungan Gelar Ramp Check Kendaraan

c5717f3b-9e82-4049-87e0-ceb166164f6b

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK- Tim gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Landak, besama Satuan Lalu Lintas Polres Landak, Jasaraharja, Samsat Ngabang dan Petugas medis RSUD Landak melakukan ramp check kendaraan di terminal bis Ngabang selasa (17/12/2019).

Ramp chek atau pemeriksaan menyeluruh dilapangan dilakukan untuk memastikan kesiapan armada angkutan umum seperti bus demi keselamatan penumpang saat mudik.

“Rampk check ini kami lakukan untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas terutama jelang libur Natal dan Tahun baru ini, sehingga armada yang nantinya digunakan untuk mengangkut penumpang benar-benar siap,” jelas Kabid lalu lintas Dishub Landak Sudirman.

Dalam kegiatan ramp check ini sejumlah komponen kendaraan turut diperiksa petugas, mulai dari fungsi pengereman, kondisi ban, fungsi klakson dan lampu kendaraan. Hal ini guna memastikan kendaraan yang dioperasikan layak jalan.

“Dari 21 kendaraan angkutan umum yang kami periksa 1 dinyatakan tidak layak jalan karena kondisi ban kendaraan besangkutan dalam keadaan gundul, sehingga dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan penumpang dan juga sopir,” tambahnya.

Selain memeriksa sejumlah unit kendaraan, dalam kegiatan ramp check ini, sejumlah sopir angkutan umum juga turut diperiksa kesehatan mereka sebelum mengemudi kendaraan. Langkah ini dilakukan agar supir benar-benar dalam keadaan fit saat mengemudi kendaraan.

“Tidak hanya kendaraan nya saja yang kami periksa tetapi juga para sopirnya, pemeriksaan mencakup tekanan darah, ini untuk memastikan bahwa pengemudi benar-benar fit dan tidak dalam kondisi sakit ketika mengemudi kendaraan,” jelasnya.

Ia berharap agar melalui kegiatan ramp check ini, tidak ada lagi kendaraan yang tidak layak jalan masih beroperasi, demi menjaga keselamatan dan mengurangi angka laka lantas selama pelaksanaan mudik natal dan tahun baru berlangsung.

“Kita juga minta kepada para pemilik armada, agar dapat melakukan service rutin terhadap kendaraan mereka, agar mecegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kalau kendaraan yang tidak lengkap juga harus dilengkapi seperti surat menyurat kendaraan,” tutupnya (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejaksaan Negeri Sanggau Sembelih Dua Ekor Sapi, Kajari: Bentuk Rasa Syukur

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penyembelihan hewan kurban juga dilakukan Keluarga besar Kejaksaan Negeri Sanggau pada momen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *