Kamis , 2 Mei 2024
Home / LANDAK / Desa Kini Dusun Kuang Landak Bangun Listrik Dengan Dana Desa

Desa Kini Dusun Kuang Landak Bangun Listrik Dengan Dana Desa

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Menjelang akhir tahun Dusun Kuang, Desa Sempatung Kecamatan Air Besar akhirnya mendapatkan kado terbaik bagi masyarakatnya. Hal tersebut dibuktikan dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2019 lalu oleh Camat Air Besar, Heri Sarkinom.

Kepala Desa Sempatung Timotius menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten Landak yang telah mendukung pembangunan PLTMH menggunakan dana desa sebesar Rp. 375.639.000 tahun anggaran 2019. Dirinya berharap pembangkit listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 50KW untuk menerangi RT 5, Dusun Kuang yang berada di Desa Sempatung.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Landak yang telah mendukung pembangunan PLTMH di Dusun Kuang. Kami berharap dengan adanya listrik tersebut masyarakat juga ikut merasakan kemerdekaan yang sebagaimana mestinya warga inginkan. Selain itu, kami juga berharap listrik yang telah diresmikan ini mampu mencukupi pasokan listrik bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Timotius usai peresmian, Rabu (11/12/2019) lalu.

Camat Air Besar, Heri Sarkinom saat dimintai keterangan usai peresmian PLTMH Dusun Kuang menyampaikan pihaknya sangat mendukung bagi desa yang selalu berkontribusi bagi pembangunan infrastruktur untuk kemajuan yang akan datang.

“Wilayah kita ini (Air Besar) merupakan daerah yang paling banyak memiliki air terjun, semua ini berpotensi untuk mendukung pembangunan. Dengan memanfaatkan air terjun tersebut kita bisa menghasilkan listrik sendiri seperti Desa Dange Aji yang sudah beroperasi beberapa bulan lalu dan kini Dusun Kuang juga sudah memiliki listrik sendiri, tentunya ini kita dukung mengingat ini akan menjadi tolok ukur dalam kemajuan desa,” jelas Heri.

BACA: Keren, Pohon Natal di Pasar Menjalin Ini Terbuat Dari 2000 Botol Bekas

Sementara itu, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengapresiasi dusun Kuang yang sudah mampu memiliki listrik sendiri dengan memanfaatkan tenaga air diwilayahnya dan berharap desa lain yang berpotensi dapat mencontoh pembangunan tersebut guna kemajuan wilayah setempat khususnya dan Kabupaten Landak pada umumnya.

“PLTMH yang telah beroperasi didusun Kuang ini tentunya berkat komitmen bersama warga setempat. Dengan bekerjasama akhirnya impian tersebut dapat terwujud, selaku pihak pemerintah tentunya kita tidak boleh berdiam diri karena pembangunan untuk kemajuan daerah adalah tanggungjawab kita bersama. Selain mendukung dalam pembangunan tentunya kita juga sangat mengapresiasi masyarakat Dusun Kuang yang telah berjuang keras dalam memiliki listrik sendiri dan kedepannya kita berharap apa yang telah dibangun tersebut dapat dijaga dengan baik, dan untuk desa atau wilayah yang memiliki potensi dapat juga mencontohnya guna menunjang pembangunan desa di Kabupaten Landak,” ujar Bupati Landak (Sab).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *