Senin , 17 Juni 2024
Home / BENGKAYANG / Bupati Gidot Pinta Fraksi Demokrat Tetap Konsisten Giring Pembangunan di Kabupaten Bengkayang

Bupati Gidot Pinta Fraksi Demokrat Tetap Konsisten Giring Pembangunan di Kabupaten Bengkayang

6159477B-69AB-4973-990D-2A1D6CCD9304

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Pasca OTT KPK awal September lalu, Bupati Bengkayang Suryadman Gidot menitip beberapa pesan melalui Fraksi Demokrat untuk meneruskan Visi Misi Bupati Bengkayang dalam membangun Kabupaten Bengkayang.
Pesan tersebut disampaikan Gidot melalui komunikasi intens dengan pihak fraksi Demokrat. Karena hingga saat ini Gidot masih menjabat sebagai Bupati Bengkayang, hanya kasus hukum dia berstatus tersangka.
Ketua Fraksi Demokrat Martinus Khiu menyatakan, pihaknya menanggapi apa yang sudah dan sedang terjadi di kabupaten Bengkayang beberapa waktu lalu. Martinus Khiu juga menyampaikan salam hangat dari Ketua DPD Partai Demokrat yang juga merupakan Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot yang saat ini sedang menjalankan proses hukum setelah OTT KPK. Gidot menitip salam dan permohonan maaf kepada masyarakat kabupaten Bengkayang atas apa terjadi pada dirinya.
“Secara De Jure beliau tentu masih menjadi Bupati Bengkayang. Karena sampai saat ini pun belum ada keluar surat dari Kemendagri terkait dengan status beliau (Suryadman Gidot). Kami, fraksi Demokrat sampai detik ini masih konsisten. Konsisten dalam arti terus menerus memperjuangkan apa yang menjadi visi misi beliau selama menjadi Bupati Bengkayang khusus periode 2015-2020,” ucap Martinus Khiu dalam ruang Fraksinya, Selasa (29/10).
Pada prinsipnya, kata Martinus Khiu visi misi Bupati Bengkayang berkaitan dengan pendidikan yang ada di kabupaten Bengkayang. Khiu mengatakan, Suryadman Gidot meminta kepada fraksi Demokrat untuk konsisten memperjuangkan pendidikan masyarakat dan peningkatan SDM yang ada di kabupaten Bengkayang.
“Konsisten tersebut antara lain memberikan beasiswa kepada anak-anak Bengkayang di berbagai bidang, misalnya di bidang pertanian, perkebunan, pariwisata dan sebagainya serta dalam mempersiapkan masyarakat kabupaten Bengkayang, termasuk dengan pendidikan non formal. Itu yang akan kita perjuangkan nanti. Artinya bagi masyarakat yang putus sekolah akan kita kursuskan diberbagai bidang,” ujar Mantan Ketua KPU ini.
Selian itu kata Khiu, Bupati juga meminta agar fraksi Demokrat tetap konsisten dalam memperjuangkan percepatan pembangunan Pos Lintas Batas Negara atau PLBN. Fraksi Demokrat di minta untuk mengawal proses akselerasi pembangunan dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dan tentu bersinergi dengan pemerintah pusat.
Selain itu, Gidot juga menyampaikan pesan untuk Fraksi Demokrat terkait dengan rencana pembangunan PLTU dan PLTN di kabupaten Bengkayang. “Seperti yang kita ketahui, beliau sudah membagi zona-zona pembangunan PLTU, zona itu dibagikan dalam enam wilayah. Salah satunya berada di wilayah pesisir kabupaten Bengkayang. Kita harapkan wilayah pesisir ini nantinya menjadi wilayah industri sehingga percepatan pembangunan segera dilakukan sesuai dengan visi misi Bupati,” ujar Khiu.
Kemudian terkait dengan rencana pembangunan PLTN kata Khiu, itu merupakan rencana pembangunan yang bersifat strategis nasional. Sebagai daerah apapun yang dibangun tentu menyambut dengan baik. Hanya saja, untuk PLTN tentu pemerintah harus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama terkait dengan dampak lingkungan, keselamatan masyarakat.
“Rencana tersebut harus berbarengan dengan proses dan studi yang betul dan matang. Sehingga efek dari pembangunan tersebut tidak merugikan masyarakat yang berada disekitar. Kemudian selanjutnya penyedia air bersih, kita tetap mendorong pemerintah daerah entah pembangunannya dialokasi dana khusus (DAK) atau multi years. karena air ini kebutuhan dasar masyarakat,” ucap Mantan Ketua KONI ini.
Selanjutnya pesan yang dititipkan Bupati Bengkayang Suryadman Gidot lainnya adalah mengembangkan Pariwisata Bengkayang dengan memanfaatkan para Mahasiswa yang sudah disekolahkan oleh Pemkab Bengkayang dalam Pengelolaan Pariwisata nantinya, agar menjadi sektor PAD kedepannya.

“Intinya pak Gidot memesan agar pariwisata itu menjadi salah satu sektor yang harus dikembangkan di Bengkayang. Terlebih Bengkayang ini dikenal dengan banyaknya potensi pariwisata,” ujarnya.
Selain itu juga, Gidot juga menitipkan terkait Pembangunan Rumah Sakit, saat ini sudah ada Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan sungai Raya dan di Kecamatan Seluas dengan tidak mengesampingkan pemingkatan Pelayanan di RSUD Bengkayang dan juga RSU Bhetesda Serukam.

“Ini nanti akan terus kita kembangkan, sehingga bermanfaat dan bisa melakukan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Termasuk meningkatkan pelayanan RSUD, karena ini merupakan satu-satunya RS ysng berada di Kota Kabupaten kita harap pelayan dapat tersentuh sampai ke sendi-sendi kehidupan masyarakat,” pungkas Khiu.
“Ini beberapa titipan yang disampaikan oleh pak Gidot, dan tentu kami yakin dan percaya beliau masih mempunyai perhatian yang besar terhadap pembangunan yang ada di kabupaten Bengkayang. Oleh karena itu, beliau menyampaikan permohonan maaf atas kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan masyarakat. Tapi tetap yakin dan percaya apa yang sudah dilakukan beliau untuk daerah ini patut di kita sebut baik, dan apresiasi. Semoga bermanfaat bagi masyarakat kabupaten Bengkayang,” tegasnya.

Hadir dalam konferensi pers fraksi Demokrat yakni Wakil Ketua DPRD Sementara Jonedhi yang juga merupakan adik kandung Suryadman Gidot, Anggota DPRD Frangki Palayo, Zulkifli, dan Riyadi. (Titi)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *