Kamis , 29 Februari 2024
Home / NEWS / Ini Jadwal Pelantikan Pimpinan Definitif DPRD Sanggau

Ini Jadwal Pelantikan Pimpinan Definitif DPRD Sanggau

Foto---Sekwan Sanggau, Burhanuddin
Foto—Sekwan Sanggau, Burhanuddin

 

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Tanda tanya kapan pelantikan pimpinan definitif DPRD Sanggau periode 2019-2024 terjawab. Gubernur Kalbar, Sutarmidji sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) penetapan pimpinan definitif tertanggal 21 Oktober 2019. SK itulah yang menjadi dasar pelantikan.

“Tentu dalam pelaksanaan pelantikan ini adalah sebenarnya pengambilan sumpah/janji pimpinan definitif. Yang mengambil sumpah/janji itu berdasarkan aturan adalah Ketua Pengadilan Negeri,” kata Sekretaris Dewan (Sekwan) Sanggau, Burhanuddin, Rabu (24/10).

Burhan mengaku telah berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Arif Budiono. “Posisi beliau sekarang sedang cuti. Dan akan kembali pada Jumat. Setelah koordinasi, setelah cuti, beliau siap mengadakan pengambilan sumpah-janji pada Senin (28/10),” kata Burhan.

Dikatakannya, rencana pelantikan pada Senin pekan depan itu dilakukan pada siang hari. Pasalnya pagi hari terlebih dulu dilakukan gladi. “Kita menyesuaikan kesiapan Ketua Pengadilan. Karena tugas pokok beliau itu kan banyak yang harus ditangani,” tuturnya.

Untuk nama-nama pimpinan yang akan dilantik adalah: Jumadi (Ketua), Timotius Yance (Wakil Ketua), Acam (Wakil Ketua). “Untuk nama-nama sudah fix,” sebutnya.

Berbeda dengan sumpah/janji anggota dewan terpilih, untuk pelantikan pimpinan definitif, pejabat dari Pemprov Kalbar tak mutlak hadir. Meski, kata Burhan, undangan tetap akan disiapkan.

“Karena bersifa undangan saja. Kalau kemarin itu kan Sekda Provinsi datang sebagai perwakilan gubernur, dan gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat, wajib hadir memberikan sambutan. Kalau ini tidak mutlak, tapi akan kami undang,” katanya.

Ia mencontohkan ketika pelantikan Hendrykus Bambang menjadi Wakil Ketua DPRD Sanggau menggantikan Fransiskus Ason yang mundur karena maju di Pilkada Sanggau 2018.

“Kami tak ada mengundang dari provinsi. Terpenting pelaksanaan ini, undangan ada, yang diambil sumpah ada, yang mengambil sumpah ada,” pungkasn Burhan. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Desa Balai Karangan Ditetapkan Sebagai Desa Sadar Kerukunan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *