Rabu , 24 Juli 2024
Home / NEWS / Tiga Alat Kesehatan Modern Ada Di RSUD Pemangkat

Tiga Alat Kesehatan Modern Ada Di RSUD Pemangkat

cacd9afc-e551-4d75-a7f9-ddea0c1f2b93

KALIMANTAN TODAY, SAMBAS – Tiga alat kesehatan yakni, empat mesin hemodialysis atau untuk cuci darah pasien gagal ginjal, satu unit mesin endoscopy yang berupa tabung kecil dilengkapi cahaya dan kamera untuk memeriksa saluran cerna dan satu unit ct scan, sudah ada di RSUD Pemangkat.

Direktur RSUD Pemangkat, Dr H. Achmad Hardin SpPD punya sedikit pengalaman, karena Ketidaktersediaan alat dialysis, satu pasien dari sebuah kampung di Kabupaten Sambas, memilih pengobatan ala kadanya dirumah sendiri.

Kala itu kata Dr H. Achmad Hardin, iapun memutuskan jika pasien yang berusia muda tersebut untuk dirujuk dirawat di Pontianak.

“Tapi jawabannya kala itu biarlah saya mati dikampung pak dokter, itu yang membuat saya termotivasi agar rumah sakit harus punya alat itu,” kata Achmad Hardin, Senin (26/8) usai peresmian.

Hingga kemudian satu tahun terakhir diberikan amanah sebagai Direktur RSUD Pemangkat, membuat ia ingin agar cita-cita tersebut dapat terlaksana.

“Mudah-mudahan dengan ketersediaan alat-alat ini, bisa membantu masyarakat kabupaten Sambas. Ini adalah prestasi kita bersama, tidak hanya prestasi RSUD Pemangkat. Tetapi juga prestasi pak Bupati Kabupaten Sambas dalam mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat ,” jelas Hardin.

Dengan adanya peralatan tambahan dirumah Sakit tersebut, Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili, dirinya sangat mengapresiasi terobosan di RSUD Pemangkat.

“Ini tentu sangat membanggakan kita semua, sangat membantu masyarakat Kabupaten Sambas,” katanya.

Ia berharap, dengan ketersediaan alat-alat ini, membuat masyarakat Kabupaten Sambas yang sedang diuji dengan penyakitnya untuk dapat mendapatkan pelayanan di RSUD Pemangkat.

“Adanya alat tersebut di RSUD Pemangkat pasien tidak perlu keluar kota, tidak harus keluar negeri untuk dapat pelayanan itu.” katanya

Atbah pun kemudian menantang agar rumah sakit umum daerah lainnya, untuk berlomba-lomba menghadirkan alat kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Bupati menegaskan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan, dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Sebaik-baiknya alat fasilitas kesehatan yang ada, akan lebih baik jika masyarakat sejak sedari dini menerapkan pola hidup sehat. Dulu orangtua kita dikampung sehat-sehat hanya makan pada’ ulam pucuk singkil, sekarang banyak makanan sachetan banyak yang sakit,” katanya

Atbah dalam kesempatan tersebut menegaskan komitmennya, dalam bidang kesehatan di kabupaten Sambas serta masyarakat tidak mampu yang belum terkacover jaring pengaman sosial terutama di jaminan kesehatannya. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Tegaskan Dirinya Tetap Maju Sebagai Calon Bupati Landak

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Calon Bupati Landak 2025 – 2030 Karolin Margret Natasa membantah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *