Selasa , 5 Maret 2024
Home / NEWS / Kapuas Raya Terwujud, Kabupaten Sanggau Bisa Jadi Kota?

Kapuas Raya Terwujud, Kabupaten Sanggau Bisa Jadi Kota?

Bupati Sanggau, Paolus Hadi
Bupati Sanggau, Paolus Hadi

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, mengaku telah menandatangani persetujuan pemekaran Provinsi Kapuas Raya. Selain Sanggau, kabupaten lain yang diusulkan masuk dalam wilayah provinsi Kapuas Raya adalah, Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau dan Sanggau. “Pak Gubernur meminta kepada seluruh bupati dan DPRD untuk memperbaharui syarat yang belum lengkap. (termasuk) Pernyataan seluruh kepala daerah dan DPRD. Itu sudah kita penuhi semuanya. Seluruh kabupaten/kota. Mudah-mudahan lah,” kata PH, sapaan akrab Paolus Hadi, Senin (12/3). 

Soal wacana Kabupaten Sanggau nantinya menjadi bersatatus kota administratif jika Provinsi Kapuas Raya terwujud, PH, enggan berkomentar lebih jauh. “Tapi kedepan kita bisa bahas. Kita juga melihat kabupaten kita kan sudah diusulkan utuk pemekaran lagi. Kita ini kalau soal mekar, tak pernah bilang tak mau. Karena itu peluang,” ujarnya. 

Namun kembali lagi pada aturan. Jika aturan memungkinkan, kata PH, mengapa tidak. Jika ada dua kabupaten lagi mekar di Kabupaten Sanggau, yaitu; Tayan dan Sekayam Raya, bukan tidak mungkin Kabupaten Sanggau berubah status menjadi kota. “Bupati Sanggau bisa jadi walikota,” kelakarnya. 

Apakah lebih menguntungkan bagi Sanggau jika bergabung ke Kapuas Raya? Menurut PH, saat ini pilihan terbaik sepertinya harus pisah dengan Provinsi Kalbar. Namun lebih jauh, orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu juga sempat mengungkapkan grand design Kalbar kedepan. 

“Kedepan Sanggau bisa juga sendiri. Apalagi kalau Kabupaten Tayan dan Sekayam Raya bisa mekar. Kemudian Sekadau mekar lagi satu. Ya sudah cukup lah. Sanggau dengan Sekadau saja sudah bisa jadi provinsi,” ungkapnya. 

Seberapa optimis Sekayam Raya terwujud? Mengingat pemekaran daerah saat ini tidak mudah. PH menilai peluang itu ada. Terlebih secara ataruan, peluang itu ada.  Kalau dilihat dari aturan, peluang itu ada. 

“Tinggal sekarang mekanisme yang ditempuh, sudah memenuhi syarat, saya kira sekarang kan ada provinsi persiapan namanya. Kalau itu terjadi, pasti arahnya ke ke provinsi yang sesungguhnya,” terangnya. 

Telepas dari itu, PH, berharap pembangunan di Kabupaten Sanggau terus berlanjut secara massif. “Sanggau minta pembangunan yang hebat,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Sebut Zakat Pranata Keagamaan untuk Tingkatkan Keadilan dan Kesejahteraan

      KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *