Selasa , 18 Juni 2024
Home / HUKUM / SPORC Pantau Perubahan Kawasan Hutan Lewat Satelit

SPORC Pantau Perubahan Kawasan Hutan Lewat Satelit

Iustrasi
Hutan di Kalimantan Barat
KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Dalam melakukan pemantauan perubahan suatu kawasan hutan atau lahan, SPORC Brigade Bekantan, Balai Gakkum KLHK Kalimantan, Seksi Wilayah III Pontianak, bekerjasama dengan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).
Pemantauan perubahan lahan melalui satelit ini kata Kasi Balai Gakkum Wilayah III Pontianak, David Muhammad, bisa memantau atau mendeteksi kalau terjadi perambahan hutan di suatu kawasan.
“Yang nantinya, dilengkapi dengan adanya ruang operasional dalam memantau perubahan kawasan hutan tersebut,” ujarnya Jumat (18/01/2019).
Untuk operasional tersebut kata David, mulai difungsikan tahun 2019.
Dengan bantuan peralatan itu, ketika pihaknya mendapat pengaduan dari masyarakat, maka tinggal dilakukan pengecekan dan pemantauan melalui satelit tersebut.
Kata David, di tahun 2019, pihaknya menargetkan bisa menekan seminimal mungkin pelanggaran dibidang kehutanan dan lingkungan hidup.
“Seperti pencemaran, dan melakukan pengawasan- pengawasan terhadap izin perusahaan agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” pungkas dia. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *