Rabu , 24 Juli 2024
Home / NEWS / Begini Pengamanan Natal dan Tahun Baru yang Ideal versi Kapolres Sanggau

Begini Pengamanan Natal dan Tahun Baru yang Ideal versi Kapolres Sanggau

Bupati, Kapolres, perwakilan Forkompimda berfoto bersama usai apel gelar pasukan//Ram
Bupati, Kapolres, perwakilan Forkompimda berfoto bersama usai apel gelar pasukan. FOTO/Ram

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Polres Sanggau melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin 2018 pada Jumat (21/12) pagi di halaman Sabang Merah. Bupati Sanggau, Paolus Hadi bertindak sebagai inspektur upacara.

Apel gelar pasukan itu dihadiri tak hanya dari TNI/POlri, tapi juga Forkompimda, instansi terkait, Ormas dan OKP se-Kabupaten Sanggau. Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi mengatakan, dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, pihaknya mengerahkan kekuatan penuh. Juga menyiapkan beberapa posko keamanan.

“Dari Polres ada 450 personel yang kita persiapkan, ada dari TNI, Satpol PP. Posko yang kita gelar, satu posko pelayanan di Entikong, lima pos pengamanan, satu pos terpadu. Termasuk juga rencananya akan kami tambah. Karena kita melihat karakteristik Kabupaten Sanggau di jalur antara Sanggau-Sekadau. Di Penyeladi itu tanahnya sangat labil. Jika terjadi longsong kita butuh kecepatan. Karena ini jalan yang menghubungkan antara kabupaten, sehingga nanti kita tambah posko yang ada di Penyeladi. Kita juga waspada mengingat kita masuk musim  hujan,” kata Kapolres kepada wartawan usai apel.

Perwira berpangkat dua melati itu juga mengaku sudah menginventarisi kerawanan-kerawanan,  mulai dari kecelakaan lalu-lintas, maupuan kerawanan-kerawanan saat ibadah dan perayaan tahun baru. Konsep pengamanan yang ideal baginya adalah melibatkan semua unsur lintas agama dan etnis.

“Perlu saya sampaikan konsep pengamanan yang paling ideal adalah pada saat perayaan hari besar keagamaan ini adalah melibatkan lintas agama, lintas etnis, sampai kapanpun berdirinya Sanggau, ini harus betul-betul kita wujudkan. Toleransi ini tidak hanya diucapkan, harus diwujudkan dengan perilaku, sehingga masyarakat bisa melihat. Sehingga kita memiliki tanggungjawab yang sama untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif,” bebernya.

Kapolres mengatakan sejauh ini kondisi Kamtibmas masih kondusif. Termasuk soal ketersediaan Sembako. “Satgas Pangan juga sudah berjalan dan alhamdulillah lintas instansi dengan pemerintah daerah sangat bersinergi dan berjalan, sehingga khususnya untuk harga sembako di Kabupaten Sanggau masih relatif normal,” ujarnya.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan, persiapan apel pasukan merupakan bagian penting dalam persiapan Natal dan Tahun Baru. “Kita menyatakan kita siap untuk melaksanakan Natal dan tahun baru dengan kesiapan pasukan dan peralatan dari seluruh hal. Termasuklah persiapan pencegahan-pencehana seperti kebakaran. Kemudian berkaitan perlindungan masyarakat secara umum,” ujarnya.

Secara pribadi, PH, sapaan akrab Paolus Hadi menilai persiapan yang dilakukan Polres Sanggau sudah luar biasa. Tak lupa ia juga mengucapkan selamat merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Untuk yang merayakan Natal saya mengucapkan selamat merayakan Natal. Semoga hikmat Natal damai untuk kita semua, terberkati. Bagi yang merayakan Tahu Baru, selamat merayakan tahun baru. Evaluasi hal-hal yang tahun ini mungkin menjadi ganjalan, perbaiki, tingkatkan,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Tegaskan Dirinya Tetap Maju Sebagai Calon Bupati Landak

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Calon Bupati Landak 2025 – 2030 Karolin Margret Natasa membantah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *