Minggu , 21 Juli 2024
Home / NEWS / Harga Sejumlah Barang dan Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Harga Sejumlah Barang dan Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Pedagang merapihkan daging sapi  di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (27/6). Menurut Kementerian Perdagangan harga daging sapi menjelang hari raya Idul Fitri tidak akan menembus Rp 100.000 per kilogram karena tingginya tingkat pasokan yang tersedia. ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna/Asf/nz/14.
Pasar Tradisional. ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna.

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU –  Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah barang dan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Sanggau mulai mengalami kenaikan.

Beberapa barang dan maupun kebutuhan pokok yang naik di antaranya beras ketan dari Rp 14 ribu menjadi Rp 15 ribu per Kg, tepung terigu dari Rp 8 ribu menjadi Rp 8.500 per Kg, telur dari Rp 1.500 menjadi Rp 1.700 per Kg, gula tetap Rp 11 ribu per Kg, ayam potong dari Rp 40 ribu menjadi Rp 43 ribu.

Untuk menekan kenaikan harga, Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Perindagkop telah melakukan berbagai langkah, diantaranya melalui operasi pasar.

Kemarin kita sudah melakukan operasi pasar di sejumlah lokasi bekerjasama dengan pengusaha, persatuan wanita Tionghoa dan TP PKK Sanggau, kata Kadis Perindagkop Sanggau, Syarif Ibnu Marwan, Rabu (12/12).

Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Sanggau sebagai BUMN yang diamanahkan undang-undang mengurusi pangan dan logistik lainnya juga berupaya menekan gejolak harga yang kerap terjadi menjelang perayaan natal dan tahun baru.

Biasanya kalau ada gejolak harga kami langsung berkoordinasi dengan DisperondagkopApakah akan melakukan operasi pasar atau mencari formula lain tergantung situasi dan kesepakatan. Nanti silakan tanya langsung kepada Kepala Kansilog yang baru, tapi sekarang beliau lagi di Pontianak, kata Staf Kantor Seksi Logistik Sanggau, Yunaz kepada wartawan, Rabu (12/12).

Yunaz memastikan stok pangan yang ada di gudang Bulog cukup hingga akhir tahun.

Saya pastikan stok kita aman, ujarnya.

Yunaz juga membeberkan data stok komoditi pangan yang ada di gudang Bulog Kansilog Sanggau per 11 Desember 2018 yakni beras medium/PSO sebanyak 760.470 Kg, beras premium/komersil sebanyak 47.000 Kg, gula pasir kemasan 1 Kg sebanyak 4.896 Kg, minyak.goreng 2.340 liter, dan tepung terigu sebanyak 2.400 Kg. Jadi jangan khawatir untuk stok kita masih cukup, kata dia. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Serapan APBD Sangat Lambat, DPRD Soroti Kinerja Pj Bupati Landak

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak menyoroti lambatnya serapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *