Senin , 15 Juli 2024
Home / NEWS / Tindaklanjuti Aduan Petani Sawit, Komisi II Bakal Kunker ke Noyan

Tindaklanjuti Aduan Petani Sawit, Komisi II Bakal Kunker ke Noyan

Seorang warga memperlihatkan biji kelapa sawit yang telah disortir di Desa Rantau Sakti, Rokan Hulu, Riau, Selasa (16/9). Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menargetkan produksi minyak sawit mentah (CPO) pada 2015 mencapai 33 juta ton, sebanyak 22 juta ton ditujukan bagi pasar ekspor sedangkan 11 juta ton diserap pasar dalam negeri. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/ss/pd/14
Seorang warga memperlihatkan biji kelapa sawit yang telah disortir.  ANTARA FOTO/Wahyu Putro

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Ketua Komisi II DPRD Sanggau, Marius Jana, berjanji menindaklanjuti keluhan petani sawit di Kecamata Noyan. Mereka mengeluhkan ketidaktransparanan dana talangan PT. MKS Kecamatan Noyan dan Sekayam.

“Dana talangan itu adalah pinjaman lunak yang diberikan lewat KUD, gunannya untuk perawatan kebun, pupuk dan lain sebagainya. Pihak perusahaan dinilai masyarakat tidak transparan soal dana ini,” kata Marius Jana, Jumat (7/12).

Marius Jana
Marius Jana

Jana mengaku secara tertulis, ia belum melihat langsung aduan tersebut, meski sudah masuk ke Bagian TU Komisi II. “Kemarin saya itu dari Bimtek di Pontianak. Cuma diberitahu ada surat masuk dan mengharapkan Komisi II ke sana (Noyan). Senin (10/12) nanti akan saya cek lagi,” katanya.

Rencananya, Jana akan membawa seluruh Anggota Komisi II ke Noyan pada 17 Desember mendatang. Mereka akan menggelar rapat dengan pentani, manajemen KUD dan perusahaan.

“Terkait perhitungan dana talangan. Seperti itu surat yang masuk ke Komisi II DPRD Sanggau. Sementara itu agendanya,” ujarnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Tegaskan Pengusaha Walet Wajib Bayar Pajak, Perintahkan OPD Teknis Cek Lapangan

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman menegaskan para pengusaha sarang burung walet memiliki kewajiban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *