Selasa , 16 Juli 2024
Home / HEADLINE NEWS / Komisi II DPR RI Minta Mendagri Tito Karnavian Evaluasi Kinerja Semua Pj Kepala Daerah

Komisi II DPR RI Minta Mendagri Tito Karnavian Evaluasi Kinerja Semua Pj Kepala Daerah

Anggota Komisi II DPR RI Cornelis/dok

 

KALIMANTAN TODAY, JAKARTA – Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Cornelis minta Mendagri Tito Karnavian untuk melakukan evaluasi kinerja semua Pj Kepala Daerah.

“Saya berharap Mendagri mengevaluasi secara menyeluruh terhadap semua Penjabat (Pj) Kepala Daerah yang saat ini menjabat, dengan tolak ukur berbasis pada indikator penilaian capaian kinerja dan memberikan pertanggungjawaban tersebut kepada Presiden melaui Menteri Dalam Negeri,” kata Cornelis, Kamis, (13/06/2024).

Selain itu  menurut Cornelis dalam Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin, 10 Juni 2024, Komisi II DPR juga minta pengangkatan Pj Kepala Daerah berikutnya dilaksanakan secara selektif dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Pengangkatan Pj Kepala Daerah berikutnya yang akan menjabat hingga dilantiknya Gubernur/ Bupati/Walikota definitif hasil pemilihan kepala daerah serentak Tahun 2024 dilaksanakan secara selektif. Mulai dari proses pengusulan, pengisian, penetapan, dan penempatan Pj Kepala Daerah yang baru harus sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ucapnya.

Banyaknya penunjukan Pj Kepala Daerah merupakan konsekwensi dari pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Seperti diketahui jumlah Pj Kepala Daerah saat ini mencapai 271 orang, sementara jumlah kepala daerah definitif hasil pemilihan langsung atau Pilkada serentak  pada 9 Desember 2020 lalu berjumlah 270 orang. (Lukas)

 

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Tegaskan Pengusaha Walet Wajib Bayar Pajak, Perintahkan OPD Teknis Cek Lapangan

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman menegaskan para pengusaha sarang burung walet memiliki kewajiban …