Sabtu , 15 Juni 2024
Home / NEWS / Tahun 2024, Disbunnak Sanggau Siapkan 2.400 Dosis Vaksin PMK

Tahun 2024, Disbunnak Sanggau Siapkan 2.400 Dosis Vaksin PMK

 

Ilustrasi.int

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Guna mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau menyediakan 2.400 dosis vaksin PMK untuk tahun 2024.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunnak Kabupaten Sanggau, Ambius Anton mengatakan tujuan dari vaksinasi untuk mencegah penyebaran PMK. Pada periode pertama (Januari, Februari dan Maret) sudah ada 400 ekor sapi yang sudah divaksinasi.

“Target untuk Mei ini difokuskan di lokasi SISKA (Sistem Integrasi Sapi Dengan Kelapa Sawit, red), yang ada di Kecamatan Meliau dan Kapuas,” ujar Anton.

Anton melanjutkan, pada periode II (April, Mei dan Juni) ada 500 dosis vaksin PMK yang sudah dialokasikan.

“Lalu untuk periode III, Juli sampai September 750 dosis dan periode IV Oktober sampai Desember 750. Total semuanya ada 2400 dosis vaksin di tahun 2024,” kata Anto merincikan.

Ditambahkan, terkait sumber anggaran program vaksinasi PMK ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Untuk PMK dicover semua oleh pusat. Kalau kita dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) saya kira belum, karena terbatas,” ungkap Ambius Anton. (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …