Minggu , 26 Mei 2024
Home / NEWS / Benahi Drainase, Kepala Dinas Cipta Karya Bakal Undang BPPW: Outlet ke Sungai Bukan Kewenangan Kita

Benahi Drainase, Kepala Dinas Cipta Karya Bakal Undang BPPW: Outlet ke Sungai Bukan Kewenangan Kita

Foto—Kepala Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, Didit Richardi.

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kepala Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, Didit Richardi menjawab stigma bahwa drainase dalam Kota Sanggau terutama di kawasan pasar dekat Kantor POS Sanggau, jadi biang keladi terjadinya banjir ketika hujan deras.

Didit Richardi menegaskan, tak ada masalah dengan ukuran drainase tersebut. Yang menjadi masalah, drainase tersebut tidak terkoneksi dengan Sungai Kapuas.

“Kita cari waktu yang tepat kita mau mengundang Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) ke sini untuk sama-sama menyelesaikan ini. Karena kita tak punya outlet ke sungai. Itu yang menyebabkan drainase kota ini bukannya mampet, tapi waktu tunggunya lama,” kata Didit Richardi, belum lama ini.

“Bayangkan saluran sebesar itu menampung lintasan hujan yang begitu besar. Pasti kan harus ada waktu mengalirkannya. Itu namanya waktu tunggu. Jadi tidak ada masalah dengan drainase kita, tapi tidak terkoneksi dengan Sungai Kapuas,” tambahnya.

Sedangkan pembangunan outlet ke Sungai Kapuas bukan kewenangan pemerintah daerah, tapi Kementerian PUPR. Kawasan Sungai Kapuas, tegas Didit, merupakan kewenangan Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK).

“Itu yang kita coba cari solusi. Mereka bangun itu, entah bagaimana caranya, bikin satu outlet ke Sungai Kapuas. Drainase di dalamnya biar kami tangani. Sebenarnya saluran itu sudah bagus, masalahnya ada di sampah. Kita harus rutin membersihkan sampah supaya air itu lancar,” pungkas Didit. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin dan Erani Resmi Kembalikan Berkas di Partai Hanura

  KALIMANTAN TAODAY, LANDAK – Pasangan Bakal Calon Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wakil …