Senin , 20 Mei 2024
Home / NEWS / Gelar Pertemuan Koordinasi Sosialisasi Program Kerja Pokjanal, Dinkes Sanggau: 80 Persen Posyandu Bisa Aktif

Gelar Pertemuan Koordinasi Sosialisasi Program Kerja Pokjanal, Dinkes Sanggau: 80 Persen Posyandu Bisa Aktif

Foto—Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Stepanus Jonedi memberi sambutan di acara Pertemuan Koordinasi Sosialisasi Program Kerja Pokjanal Posyandu, Kamis (16/11/2023) di Hotel Emerald—Kiram Akbar

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sanggau menggelar Pertemuan Koordinasi Sosialisasi Program Kerja Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu, Kamis (16/11/2023) di aula Hotel Emerald Kota Sanggau.

Acara lintas sektoral itu dihadiri tidak hanya dari Dinas Kesehatan, tapi juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM Pemdes), serta pada kepala desa se-Kabupaten Sanggau. Kepala Bidang (Kabid) Layanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Sanggau, Stepanus Jonedi berharap melalui acara tersebut dapat meningkatkan peran yang dilakukan masing-masing sektor.

“Karena yang selama ini yang paling aktif Posyandu dan terjadwal kita ketahui dari program kesehatan. Di Kesehatan itu ada Posyandu bayi dan balita, remaja dan lansia. Pokjanal itu leading sector-nya itu ada di DPM Pemdes. DPM Pemdes ini mengeluarkan SK Pokjanal sampai ke tingkat desa,” kata Stepanus Jonedi, Kamis (16/11/2023).

Iai juga berharap, OPD lain dapat menggerakkan kader-kadernya. Dinas Kesehatan menyiapkan sistemnya, untuk kemudian dilanjutkan oleh kader-kader terlatih dengan berbagai kegiatannya seperti penyuluhan, pencatatan dan pelaporan.

“Diharapkan dari 600-an Posyandu, 80 persen di antaranya bisa aktif. Itu target sementara. Goal-nya kita mau adanya aktivitas Posyandu yang bisa dikoordinasikan bersama. Semuanya punya output bersama, baik dari DPM Pemdes, Dinkes, Puskesmasnya juga, semuanya bisa, misalnya terjadwal Posyandu, ada semuanya di situ,” bebernya.

Adapun pemateri di acara tersebut berasal dari Dinkes Sanggau, DPM Pemdes Sanggau, Kepala Puskesmas, Pengelola Program Promkes, Gizi KIA. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Sekda Kapuas Hulu. Mohd Zaini

Sekda Kapuas Hulu Hadiri Rakor di Kemendagri

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Mohd Zaini Menghadiri rapat koordinasi …