Minggu , 19 Mei 2024
Home / NEWS / Berantas Sarang Nyamuk, Fogging Massal di Sanggau Dimulai dari Kelurahan Beringin

Berantas Sarang Nyamuk, Fogging Massal di Sanggau Dimulai dari Kelurahan Beringin

Foto—Petugas Dinkes Sanggau melakukan fogging di daerah endemi DBD, Jumat (03/11/2023)—Ist

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sebagai upaya pencegahan dan penanganan Demam Berdarahg Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau memulai pengasapan atau fogging massal di Lingkungan Perintis, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Jumat (03/11/2023).

Fogging disaksikan dan diawasi Kepala bidang Pencegahan, dan Pengendalian Penyakit (P2P,) Dinkes Sanggau, Marlina, Kepala Puskesmas Kapuas Sanggau Yuliana Yuli Exlasia, dan Sekretaris Kecamatan Kapuas, Laurianus Yoka.

Kepala bidang Pencegahan, dan Pengendalian Penyakit (P2P,) Marlina kepada wartawan menyampaikan berdasarkan data per 31 Oktober 2023, jumlah penderita DBD mencapai 156 kasus. Dari jumlah tersebut, enam di antaranya meninggal dunia.

“Pertama, kami sudah membuat surat edaran khususnya ke Puskesmas untuk melaksanakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Kedua, kami juga melaksanakan kegiatan fogging secara massal seperti yang kita lakukan hari ini” kata Marlina.

Marlina menyebut, fogging serentak yang dilakukan mulai hari ini sebagai tindaklanjut instruksi Bupati yang meminta dilaksanakannya pengasapan atau fogging disemua wilayah kerja mulai tanggal 3 November 2023.

“Locus fogging yang kita gelar hari ini dimana ditemukannya kasus DBD. Itu prioritas fogging yang kita lakukan hari ini,” ungkap dia

Dengan meningkatnya kasus DBD, Marlina mengimbau masyarakat mulai hari ini melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan menerapkan 3M plus.

“Apabila terdapat anggota keluarga yang sakit demam atau gejala DBD segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat pertolongan lebih dini. Kami juga mengajak masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sis Hadiri Kebaktian Kebangunan Rohani Kristen Kapuas Hulu.

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani …