Rabu , 29 Mei 2024
Home / LANDAK / Pj Bupati Pimpin Upacara HUT ke 24 Kabupaten Landak

Pj Bupati Pimpin Upacara HUT ke 24 Kabupaten Landak

Pj Bupati Landak, Samuel

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak Gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-24. PJ Bupati Landak Samuel, SE,.M.Si Bertindak Selaku Inspektur, di Halaman Kantor Bupati Landak. Kamis, (12/10/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota Komisi II DPR RI Drs. Cornelis,.MH, Perwakilan Pejabat Gubernur Kalbar, Perwakilan Bupati/Walikota Se-Kalbar, Ketua wakil ketua dan Anggota DPRD Landak, Forkopimda Landak, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Para Kepala OPD Landak, Camat Se-kabupaten Landak, ASN Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Landak, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, Para Kepala Desa, Lembaga Keuangan Serta Undangan Lainnya.

Pada saat menyampikan sambutan Pejabat Gubernur Kalbar PJ Bupati Landak Samuel menyampikan bahwa peringatan hari jadi Pemkab Landak sebagai momentum untuk merefleksikan serta introspeksi terhadap kontribusi dan karya nyata kita dalam pelaksanaan pembangunan. Kita berharap di usia Pemerintah Kabupaten Landak ke 24 ini akan membawa Kabupaten Landak yang kita cintai ini semakin maju serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Usia 24 tahun bukanlah usia yang muda lagi. Telah banyak tantangan dan rintangan yang dilalui dalam menapaki roda pemerintahan dan pembangunan daerah melalui berbagai upaya dan usaha yang telah dibuktikan bersama, bahwa kita mampu untuk melewati segala tantangan tersebut,” ujar Samuel saat menyanyikan sambutan Pejabat Gubernur Kalbar.

Lebih lanjut Samuel mengatakan bahwa Kebersamaan dan persatuan memang dianggap merupakan salah satu faktor terpenting demi tercapainya tujuan berbangsa dan bernegara. Hal ini sejalan dengan tema peringatan hari jadi Pemerintah Kabupaten Landak ke-24 tahun ini yaitu “KabupatenLandak Bersatu untuk Maju”.

“Tema ini tentu sangat menarik untuk dicermati dan Saya harapkan menjadi spirit bagi semuanya. Supaya tidak hanya menjadi sekadar tema yang nanti akan segera dilupakan manakala eforia hari ulang tahun ini berlalu,” ucap Samuel.

Aspek lain adalah sektor pendidikan. Selaras dengan utama pembangunan nasional saat ini yakni arus peningkatan kualitas sumber daya manusia, Sambung Samuel, maka program pendidikan gratis dan pengembangan sekolah vokasi yang lulusannya dapat langsung diberdayakan dengan kurikulum yang aplikatif selayaknya menjadi perhatian kita bersama.

“Aspek lain tidak kalah penting adalah kesehatan dan yang perlu perhatian bersama adalah penurunan angka stunting. Menurut data saat ini, adanya peningkatan prevalensi angka stunting sebanyak 4,7%, yang sebelumnya pada tahun 2021 adalah 27,8% meningkat menjadi 32,5% pada tahun 2022. Dengan angka 32,5% ini Kabupaten Landak termasuk dalam kategori sangat tinggi pada peta kategori stunting balita Kalimantan Barat tahun 2022. Melihat peningkatan prevalensi stunting ini artinya diperlukan upaya kita bersama dalam peningkatan atau optimalisasi capaian intervensi spesifik dan intervensi sensitif,” terang Samuel.

Dikatakannya percepatan pengentasan kemiskinan di daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Perlu kita apresiasi bersama karena angka pengangguran Kabupaten Landak mengalami penurunan yang sebelumnya 3,22% menjadi 1,78% dan angka kemiskinan pada tahun 2022 adalah 10,01%. Tentu berbagai aspek ini juga akan sangat memengaruhi IndeksPembangunan Manusia yang juga mengalami peningkatan sebanyak 1,45% yang sebelumnya 66,21% menjadi 67,17% pada tahun 2022. Itu artinya pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Landak terus mengalami perkembangan serta kemajuan.

“Berbagai capaian dari Kabupaten Landak yang telah diraih, salah satunya adalah keberhasilan pencapaian target realisasi penanaman modal melebihi 100% dari target nasional dan RPJMD Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022. Pencapaian tersebut patut kita banggakan dan syukuri dengan terus meningkatkan rasa cinta dan kepedulian kita terhadap Kabupaten Landak. Selain itu, rasa syukur tersebut juga perlu ditunjukkan dengan meningkatkan kinerja, sinergitas, dan kontribusi yang tinggi dalam pembangunan di Kabupaten Landak. Keberhasilan ini tidak bisa lepas dari peran seluruh stakeholder dan elemen yang ada, baik itu pemerintah, masyarakat, maupun pihak swasta yang telah bersama-sama dan bahu membahu dalam membangun Kabupaten Landak yang kita cintai ini,” jelasnya.

PJ Bupati Landak itu menyampaikan Pemerintah Kabupaten Landak harus dapat menggali seluruh potensi yang ada di Kabupaten Landak dengan optimal serta menangkap peluang tersebut untuk meningkatkan taraf ekonomi serta kesehatan masyarakat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Landak untuk selalu menjaga kelestarian alam dan kualitas lingkungan hidup. Pembangunan yang kita laksanakan harus tetap memperhatikan kelestarian alam dan kualitas lingkungan hidup. Harus kita sadari bahwa bumi yang sekarang kita tempati bukan hanya kita yang berhak memilikinya, namun juga menjadi hak anak cucu kita dan generasi yang akan datang,” tutup Samuel. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …