Senin , 20 Mei 2024
Home / NEWS / Dinkes Sanggau Gelar Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan, Ginting: Terima Masukan Sekaligus Solusi

Dinkes Sanggau Gelar Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan, Ginting: Terima Masukan Sekaligus Solusi

Foto—Forum Konsultasi Publik yang digelar Dinas Kesehatan bersama semua stake holder, Kamis (12/10/2023)—Kiram Akbar

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau menggelar Forum Konsultasi Publik Pelayanan Kesehatan, Kamis (12/10/2023) di aula Dinkes Sanggau. Kegiatan yang dipimpin langsung Kepala Dinkes Sanggau, Ginting itu dihadiri semua pemangku kepentingan (stake holder) kesehatan.

“Semua kita undang. Mulai dari OPD terkait, organisasi profesi, tokoh agama, tokoh masyarakat, pelaku kesehatan, termasuk juga beberapa organisasi kepemudaan, untuk bersama-sama berdiskusi untuk pelayanan publik bidang kesehatan,” kata Ginting kepada wartawan usai acara.

Tujuan kegiatan tersebut, kata dia, Dinkes mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan kesehatan untuk meningkatkan kebijakan yang efektif di bidang kesehatan dalam rangka untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ke depannya.

“Makanya tadi kita mendapatkan masukan sekaligus solusi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Ginting mengatakan, melalui forum tersebut diperoleh beberapa permasalahan pelayanan kesehatan serta solusinya. Satu di antaranya terkait ketersediaan obat-obatan.
“Standarnya itu harus 90 persen tersedia. Tapi tadi kita mendengar beberapa obat yang tidak tersedia, baik di rumah sakit, obat program HIV. Bukan tidak tersedia, tapi masa kedaluarsanya singkat. Begitu juga obat-obat esensial di Puskesmas,” terangnya.

Solusinya, ke depan akan dilakukan adalah mulai dari perencanaan obat harus sesuai dengan kebutuhan. Termasuk pula sumber-sumber anggarannya.
“Kita manfaatkan sumber-sumber pengadaan obat, Puskesmas dari BLUD, dinas dari APBD dan provinsi,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sis Hadiri Kebaktian Kebangunan Rohani Kristen Kapuas Hulu.

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani …