Minggu , 26 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / Dua Perusahaan Kayu di Kapuas Hulu Tak Bayar Pajak Daerah

Dua Perusahaan Kayu di Kapuas Hulu Tak Bayar Pajak Daerah

Agustinus Stormandi

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Agustinus Stormandi Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kapuas Hulu mengungkapkan terdapat dua perusahaan kayu yang beroperasi di Kabupaten Kapuas Hulu bertahun-tahun tidak koperatif dalam membayar pajak ke daerah. Dua perusahaan kayu yang tidak membayar pajak daerah ini adalah PT Karya Rekanan Bina Bersama (KRBB) dan PT Kawerdar Wood Industry (KWI).

“Bagaimana kita tahu berapa pajak yang harus mereka bayarkan ke daerah, sementara data yang kita minta tidak pernah diberikan, ” katanya baru-baru ini.

Agustinus mengatakan, pihaknya sering kali melakukan komunikasi kepada kedua perusahaan ini agar memberikan data kepada mereka sehingga pihaknya bisa melihat berapa pajak yang harus mereka bayarkan setiap tahunnya.

“Terhadap persoalan ini, pihaknya bisa mengambil langkah untuk melakukan penetapan pajak secara jabatan. Artinya secara jabatan kami bisa menetapkan pajak kepada kedua perusahaan tersebut, tetapi dengan mekanisme itu sangat tidak bagus untuk hubungan kita dengan perusahaan, ” ujarnya.

Agustinus mengharapkan adanya kesadaran dari dua perusahaan kayu ini untuk bayar pajak, sehingga kedepan pihaknya tidak lagi kesulitan untuk melakukan penagihan. “Mudah-mudahan kedua perusahaan ini dapat bekerjasama dalam membantu daerah terutama membayar pajak, ” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin dan Erani Resmi Kembalikan Berkas di Partai Hanura

  KALIMANTAN TAODAY, LANDAK – Pasangan Bakal Calon Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wakil …