Kamis , 2 Mei 2024
Home / LANDAK / Cornelis Motivasi Petani Latihan Penangkaran Benih di Kecamatan Sengah Temila

Cornelis Motivasi Petani Latihan Penangkaran Benih di Kecamatan Sengah Temila

Anggota Komisi II DPR RI, Cornelis

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Drs. Cornelis,.MH Hadir pada Bimbingan Teknis Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Kabupaten Landak, yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pontianak, di Takiung Desa Sidas, Kecamatan Sengah temila. Senin, (07/08/2023).

Pada kesempatan tersebut Cornelis menyampaikan bahwa Pelatihan penangkar benih ini upaya salah satu pemerintah untuk melatih para petani penangkaran benih agar lebih terampil lagi dalam penangkaran benih, supaya ketersediaan benih di kabupaten Landak ini selalu ada. Selain itu benih yang di tanam masyarakat punya kualitas yang baik dan sudah di sertifikasi, yang lebih penting tidak merugikan petani.

“Hasil dari pada pertanian tanaman padi ini, tidak hanya semata-mata dari benihnya, melainkan dari air, pengolahan lahanya, perawatannya, serta masih banyak lagi yang harus di pahami, begitu juga dari penganggu tanaman padi lainya, di tambah lagi iklim yang tidak menentu, yang dikatakan global warming perubahan iklim yang tidak menentu di muka bumi ini, yang dapat menyebabkan pertumbuhan padi itu terganggu, maka dengan pelatihan ini kita dapat untuk belajar bagaimana cara mengatasi itu semua,” ujar Cornelis.

Lebih lanjut, Cornelis mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengikutinya dengan serius, dengan sungguh-sungguh, bertanggung jawab, nanti di kembangkan kembali, supaya tidak menanam benih padi itu sembarangan, dan nanti ilmu atau apa yang di dapatkan di sini, berbagi lah dengan orang lain, Agar apa yang kita ketahui orang lain juga mengetahuinya dan dapat berhasil bersama dalam bidang pertanian.

“Karena pelatihan penangkaran benih semacam ini tidak mungkin di laksanakan di setiap musim tanam, maka dari itu ilmu atau pengetahuan yang di dapatkan pada pelatihan penangkaran benih ini di bagi dengan orang lain, agar para petani di kabupaten Landak ini cerdas-cerdas dan berhasil,” tukas Cornelis.

Cornelis menyampaikan Pelatihan penangkar benih ini upaya salah satu pemerintah untuk melatih para petani penangkaran benih agar lebih terampil lagi dalam penangkaran benih, supaya ketersediaan benih di kabupaten Landak ini selalu ada.

“Jadi kami anggota DPR itu wajib memberikan motivasi, memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana pentingnya pangan ini. Sesuai dengan instruksi dari ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk selalu memotivasi masyarakat, jangan sampai masyarakat itu kelaparan, jadi tanam tanaman pangan, seperti padi, jagung, kedelai, sukun, Porang, ataupun tanaman pangan lainya, minimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” tutup Cornelis. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …