Rabu , 29 Mei 2024
Home / LANDAK / Gawai Pelades Betung Desa Tempoak, Karolin : Pertanian Program Prioritas Kami

Gawai Pelades Betung Desa Tempoak, Karolin : Pertanian Program Prioritas Kami

Karolin Margret Natasa

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa secara resmi membuka gawai palades betung di Dusun Betung Tanjung, Desa Tempoak, Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak yang merupakan pesta syukur atas hasil panen padi oleh suku dayak kanayatn dusun betung tanjung, minggu (16/07/23) malam.

Karolin mengatakan bahwa gawai tersebut merupakan salah satu adat istiadat yang ada pada suku dayak, karena masyarakat adat suku dayak mengucapkan rasa terima kassih kepada Jubata atau Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen padi yang telah berhasil.

“Hari ini (Minggu.Red) kita mengucap syukur atas hasil panen padi, serta kita juga meminta kepada jubata agar apa yang sudah dipinta itu bisa terealisasi dimasa yang akan datang. Semoga di tahun depan panen padi di Desa Tempoak juga semakin meningkat hasilnya,” ucap Karolin.

Karolin mengungkapkan bahwa pertanian merupakan program prioritas baginya, karena masyarakat Kabupaten Landak sebagian besar berprofresi sebagai petani termasuk di Desa Tempoak, salah satu program yang sudah diberikan Karolin yakni bantuan alsintan, benih padi, dan bahkan memberikan pelatihan-pelatihan kepada para petani.

“Program pertanian selama ini menjadi prioritas pembangunannya dari Pemerintah Kabupaten Landak, dan selama saya menjabat sebagai Bupati Landak pertanian ini menjadi program prioritas kami termasuk pada masa Pandemi COVID-19. Dan pertanian juga menjadi salah satu penopang kekuatan ekonomi masyarakat Kabupaten Landak,” ungkap Karolin.

Karolin yang juga Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Landak mengajak para petani untuk terus meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Landak salah satunya dengan melaksanakan program penanaman padi secara serentak.

“Pertanian kedepan harus terus kita tingkatkan. Kalau sekarang tanam setahun dua kali, kita usahakan tanam setahun tiga kali, bahkan di Kabupaten Landak sudah ada yang tanam setahun empat kali yakni di Kecamatan Sompak. Untuk itu, kita harus kompak jika ingin maju termasuk melakukan tanam padi secara serentak,” pesan Karolin. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …