Rabu , 29 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / Peringati Hardiknas, Bupati Sis Apresiasi Program Merdeka Belajar

Peringati Hardiknas, Bupati Sis Apresiasi Program Merdeka Belajar

Bupati Kapuas Hulu saat memperingati Hardiknas tahun 2023

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 di lapangan GOR Uncak Kapuas, Selasa (02/05/2023). Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan dan dihadiri Forkopimda Kapuas Hulu.

Saat ditemui usai apel, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menyampaikan dengan peringatan Hardiknas ini sesuai disampaikan Mendikbud, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan berlangsungnya program merdeka belajar.

“Karena di program merdeka belajar ini para pendidik kita bisa mengekspresikan kemampuan mereka dan bisa melihat potensi anak didiknya.Dengan sistem seperti iniini, saya rasa potensi yang dimiliki anak-anak kita bisa terekspos, ” ujarnya.

Bupati mengatakan, dalam peringatan Hardiknas kali ini, dirinya masih melihat sarana dan prasana pendidikan di Kabupaten Kapuas Hulu sendiri memang masih belum memadai namun dari Dinas Pendidikan sudah melakukan pendataan.

“Jadi ketika kita melakukan renovasi atau perbaikan gedung sekolah baru dilakukan secara bertahap. Tapi kita juga berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah membangun beberapa sekolah dasar di Kapuas Hulu sehingga kita pun sangat terbantu, ” jelasnya.

Ditambahkan Petrus Kusnadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa untuk sarana dan prasarana Pendidikan yang ada di Kapuas Hulu sendiri memang menjadi tantangan bagi Pemerintah Daerah.

“Kita ketahui semua bahwa APBN melalui pembagian DAU itu sudah diserahkan ke daerah. Persoalan kita konsep pembagian DAU itu diukur dari jumlah penduduk. Sementara daerah seperti kita ini nilainya sangat besarbesar. Persentase penilaian APBN melalui DAU sangat sedikit. Kita berharap pembagian DAU itu juga bisa disesuaikan dengan luas wilayah sehingga kita bisa membangun daerah terpencil, ” pungkasnya. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …