Kamis , 30 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / KPH Wilayah Timur Belum Tahu Ada PETI di Hutan Lindung

KPH Wilayah Timur Belum Tahu Ada PETI di Hutan Lindung

Marcel Rudy

 

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Kegiatan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang terjadi di hutan lindung tepatnya di Dusun Hulu Sungai Lapung Desa Bungan Jaya Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat dari UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah Kapuas Hulu Timur mengaku tidak tahu.

“Karena selama ini juga untuk wilayah Timur itu kita belum pernah mendapatkan informasi adanya kegiatan PETI. Kalau masyarakat yang bekerja untuk bahan bangunan memang ada, ” kata Marcel Rudi Kepala UPT KPH Wilayah Timur Kapuas Hulu, Selasa (02/05/2023).
Pria disapa Rudy ini mengatakan untuk pengawasan hutan yang berada di hulu Kapuas tersebut bukan sepenuhnya menjadi tanggungjawab dari pihaknya melainkan ada juga hutan yang menjadi tanggungjawab dari pihak Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK). “Di hulu Kapuas itu sebagian menjadi wilayah kita dan sebagian wilayah taman nasional. Kalau Bungan Jaya itu masuk TNBK. Tapi yang ada kegiatan PETI nya itu kita akan cek lagi,” ujarnya.

Rudy mengatakan, jika memang nantinya kegiatan PETI yang ada di Desa Bungan Jaya itu masuk dalam pengawasan mereka, tentu pihaknya akan mengambil tindakan sesuai proses yang ada.

“Tetap kita akan berkoordinasi dengan masyarakat setempat terutama tokoh adat, Pemda maupun kepolisian. Tentunya tindakan terakhir ialah penegakan hukum, jika upaya persuasif tidak berjalanberjalan, ” jelasnya.

Lanjut Rudy, selama ini pihaknya untuk melakukan tindakan penegakkan hukum selalu ada kendala yakni minimnya personil sehingga pihaknya harus meminta bantuan kepada aparat kepolisian. “Kita ini PPNS tidak, Polhut juga tidak punya sehingga kita tidak bisa melakukan penindakan secara hukum. Paling persuasif saja, paling kalau kita ingin lakukan penindakan itu melalui Gakkum yang ada di Pontianak, ” ujarnya.

Sementara Fery Ary Model Liue Kepala Bidang PTN Wilayah II Kedamin menyampaikan, bahwa adanya kegiatan PETI di Dusun Hulu Sungai Lapung Desa Bungan Jaya Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu dirinya belum bisa memastikan apakah wilayah yang ada kegiatan PETI tersebut masuk dalam wilayah taman nasional.

“Tapi berdasarkan peta Desa Bungan Jaya masuk dalam wilayah TNBK. Namun untuk lokasi yang ada kegiatan PETI nya, kita mau cek lagi, ” pungkasnya.(Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Peduli Korban Banjir, Relawan KREN Berikan Bantuan Sembako

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK — Relawan KREN (Karolin-Erani) menyerahkan bantuan berupa sembako kepada korban terdampak …