Senin , 20 Mei 2024
Home / NEWS / Sebut Tiga Puskesmas Belum Diperbaiki, Wakil Ketua DPRD Sanggau: Bupati Sudah Tunjukkan Upaya Serius

Sebut Tiga Puskesmas Belum Diperbaiki, Wakil Ketua DPRD Sanggau: Bupati Sudah Tunjukkan Upaya Serius

Foto—Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam

 

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam menyebut fasilitas kesehatan di Kabipaten Sanggau, khususnya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sudah dilakukan perbaikan yang layak dan representatif. Namun dari 15 kecamatan se-Kabupaten Sanggau ada tiga Puskesmas yang belum diperbaiki.

“Seperti Puskesmas Tayan Hulu, Puskesmas Tayan Hilir. Ada tiga puskesmas yang belum dilakukan perbaikan dari 15 puskesmas dari Kabupaten Sanggau ini. Termasuk ada beberapa kesulitan untuk mendapat lokasi atau lahan untuk Puskesmas. Sedangkan anggaran dari pusat terus mengucur untuk memperbaiki kondisi fasilitas dan prasarana layanan kesehatan yang kita miliki,” kata politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu, Selasa (28/03/2023).

Persoalan tenaga media juga disorotinya. Ia menyebut Pemkab Sanggau agak kesulitan mengakomodir tenaga kesehatan karena ketidakmampuan keuangan daerah. Namun satu sisi, kata Acam, keberadaan tenaga medis, utamanya perawat sangat dibutuhkan oleh setiap unit layanan kesehatan.
“Mereka lah orang-orang garis depan yang berhadapan langsung dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Ini yang belum maksimal,” katanya.
Meski demikian, bukan berarti ia menilai minor kinerja Bupati Sanggai, Paolus Hadi. Menurutnya, Bupati Paolus Hadi telah menunjukkan upaya serius untuk menanganinya.

“Tetapi karena memang keterbatasan anggaran membuat ini tidak maksimal dalam merangkul mereka para perawat itu. Terutama jaminan untuk kesejahteraan para perawat perawat ini,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sis Hadiri Kebaktian Kebangunan Rohani Kristen Kapuas Hulu.

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri Kebaktian Kebangunan Rohani …