Rabu , 22 Mei 2024
Home / KAPUAS HULU / Bupati Sis Buka Forum Konsultasi Publik RKPD 2023

Bupati Sis Buka Forum Konsultasi Publik RKPD 2023

KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU- Bupati Kapuas Hulu membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD TA 2024 dengan tema Pengembangan Kapasitas Desa Menuju Pemerataan Masyarakat, diruang sidang Paripurna DPRD Kapuas Hulu, Kamis (16/02/2023).

Bupati Kapuas Hulu dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka percepatan pencapaian visi misi sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021-2026, maka tema RKPD TA 2024 adalah “Pengembangan kapasitas desa menuju pemerataan kesejahteraan Masyarakat”, tema tersebut merupakan tema pembangunan tahun ketiga, setelah pada tahun sebelumnya dilakukan percepatan pemulihan dan peningkatan kualitas perekonomian.

Bupati mengatakan, pada tahun ketiga ini pemerintahan desa yang merupakan ujung tombak dalam pembangunan di desa harus memahami kondisi desanya terutama terkait potensi, permasalahan dan kebutuhan masyarakat yang dipimpinnya.

“Mulai dari kebutuhan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, sosial, kebutuhan air minum, ketenteraman dan ketertiban umum serta sarana prasarana lainnya, ” katanya.

Menurut Bupati, Pemerintah desa sudah diberikan kewenangan untuk mengurus rumah tangganya sendiri salah satunya dengan membina dan meningkatkan perekonomian desa serta mengintegrasikannya agar mencapai perekonomian skala produktif untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat desa, diharapkan di tahun 2024 banyak desa dengan status desa mandiri di kabupaten kapuas hulu. selain itu pada tahun 2024 ini pemerintah daerah berfokus pada empat hal.

“Empat hal ini berupa peningkatan pertumbuhan ekonomi sektor unggulan, peningkatan kualitas infrastruktur dasar, peningkatan jumlah desa mandiri dan peningkatan kesejahteraan sosial, ” ujarnya.

Sambung Bupati, fokus prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan tersebut, hanya dapat di capai apabila semua perangkat daerah serius melakukan sinkronisasi, dan sinergisitas dalam menetapkan program dan kegiatan sesuai dengan prioritas daerah, sehinga tidak berjalan sendiri. (Dul)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

SK PPPK Bisa Diagunkan ke Bank Kalbar, Segini Dapatnya

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sebanyak 1597 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terdiri dari guru, tenaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *