Rabu , 1 Mei 2024
Home / BENGKAYANG / Bupati Bengkayang Tegaskan Pelajar Kuat, Sekolahku Bangga

Bupati Bengkayang Tegaskan Pelajar Kuat, Sekolahku Bangga

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis (Ist)

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG  – Ketika memasuki awal sekolah pada Kamis 5 Januari 2023 Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis melakukan Pengarahan dalam rangka penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Pengarahan Implementasi Kurikulum Merdeka ini dibacakan oleh Bupati, Wakil Bupati, Pj Sekda, Kadisdikbud dan Camat serta seluruh Korwil dan Pengawas Sekolah di 274 Sekolah Dasar (SD) dan 85 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bengkayang secara serentak.

Hal ini dilakukan sebagi bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Kurikulum Merdeka dan Program Guru Penggerak.

Dalam sambutannya Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menyampaikan Selamat Hari Natal, 25 Desember 2022 dan selamat menyambut Tahun Baru 1 Januari 2023.

Saya atas nama pribadi keluarga dan pemerintah Kabupaten Bengkayang menyampaikan selamat hari raya Natal 25 Desember 2022 dan selamat menyambut tahun baru 1 Januari 2023 Semoga di tahun 2023 ini kita semua dan Kabupaten Bengkayang senantiasa maju dan berdaya saing, Marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan nikmatnya kita semua dalam keadaan sehat dan aman memasuki tahun baru 2023.

Memasuki tahun baru 2023 liburan sekolah juga telah selesai ini saatnya kita semua Bapak dan Ibu Guru serta seluruh siswa kembali untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar atau PKBM semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Kami Ingatkan Kembali kepada bapak ibu guru sekalian bahwa pendidikan merupakan salah satu indikator dari indeks pembangunan manusia atau IPM di mana Tahun 2022 IPM Kabupaten Bengkayang sebesar 68,74 dengan pencapaian nilai rata-rata lama sekolah atau rls sebesar 7,00 tahun dan harapan lama sekolah atau hls sebesar 12,14 tahun. Untuk itu diperlukan kerjasama tim seluruh stakeholder pendidikan serta kinerja tinggi bapak dan ibu guru dan kita semua untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bengkayang titik mengingat satuan pendidikan merupakan bagian yang ekosistem pendidikan yang harus mampu berkolaborasi dengan masyarakat sekitar sekolah peserta didik dan elemen pemerintahan dan di sekitarnya.

Dan perlu saya ingatkan kembali kepada dunia pendidikan di Kabupaten Bengkayang bahwa tahun 2023 dalam rangka akselerasi pencapaian visi misi pemerintah daerah 2021-2026 khususnya terwujudnya masyarakat Kabupaten Bengkayang yang Sehat, cerdas dan religius maka dari itu ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan yaitu:

Pertama bagi siswa-siswi sekalian agar senantiasa terus giat belajar, terlebih siswa siswi kelas 6 jenjang sekolah dasar dan siswa-siswi kelas 9 jenjang pendidikan menengah karena tidak lama lagi kalian semua akan menghadapi ujian sekolah.

Kedua bagi siswa-siswi kelas 1-6 jenjang sekolah dasar dan siswa-siswi kelas 7-8 jenjang Sekolah Menengah Kalian juga harus fokus belajar selain untuk menghadapi kenaikan kelas juga ikut menentukan keberhasilan pelaksanaan kurikulum merdeka di Kabupaten Bengkayang.

Ketiga bagi kepala sekolah baik sd/smp agar segera melakukan login dan memanfaatkan platform Merdeka mengajar atau pmm serta melakukan download rapor pendidikan sekolah serta memanfaatkannya dalam perencanaan berbasis data atau PBD.

Keempat kepada seluruh sekolah jenjang sd/smp agar segera menuntaskan laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Bantuan operasional Sekolah Tahun 2022 Selain sebagai asas akuntabilitas juga sekaligus sebagai persyaratan untuk pencairan pertama dana BOS Tahun Anggaran 2023, kelima kepada seluruh guru di Kabupaten Bengkayang Saya minta untuk dapat mendaftar dan mengikuti program guru penggerak sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik dan pemimpin sekolah yang berkarakter, berintegritas dan berdaya saing.

Ke-6 memasuki semester genap tahun ajaran 2022/2023 kami minta semua sekolah utamanya yang sudah memiliki fasilitas maupun akses internet agar sudah mulai mengimplementasikan pelaksanaan penilaian akhir sekolah atau pas dan ujian sekolah dengan memanfaatkan teknologi informasi, ketujuh kepada seluruh guru, tenaga kependidikan baik yang di sekolah maupun korwil agar segera membuat SKP Tahun 2022 melaporkan LHKASN dan menyampaikan SPT tahunan tepat waktu. Jadi demikian yang dapat saya sampaikan marilah kita semua senantiasa meningkatkan disiplin dan etos kerja serta suksesnya pelaksanaan kurikulum merdeka di Kabupaten Bengkayang melalui motto “Gembira bergerak pelajar kuat dan bangga sekolahku dengan kearifan lokal dapat melahirkan siswa-siswi yang berprestasi dan guru-guru inovatif Dalam proses pembelajaran sehingga dapat terwujud SDM unggul Bengkayang Mantap,” tutupnya.

Hadir pada apel kali ini, Kepala SMPN 1 Bengkayang beserta seluruh dewan guru dan staf serta. Saat apel sekaligus mulai diperkenalkan Mars Gembira Bergerak yang sudah mendapat Tanda Daftar Hak Cipta, Mars tersebut diciptakan oleh Heru Pujiono, Marsel Marselus dan Gregorius Argo salah satu Seniman Kabupaten Bengkayang. (Ril)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *