Kamis , 2 Mei 2024
Home / BENGKAYANG / KONI Bengkayang akan Kirim 207 Atlet untuk Porprov

KONI Bengkayang akan Kirim 207 Atlet untuk Porprov

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkayang, Mardiansyah Herman

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkayang, Mardiansyah Herman memastikan Kabupaten Bengkayang telah siap mengirimkan 267 atlet, guna mengikuti perhelatan Pekan Olahraga Provonsi (Porprov) Kalbar.

Herman mengatakan, saat ini KONI telah koordinasi dengan Pemda melalui Dispora selaku pembina koni, guna membahas berbagai cabor.

“Kita dari KONI melaksanakan rapat pertama pada 2 Februari 2022 lalu, untuk membahas bersama dengan cabang olahraga (cabor),” tuturnya.

Selain itu, Herman juga mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan Bupati dan cabor untuk penentuan pengurus KONI dan cabor se-kabupaten Bengkayang.

“Setelah itu kita juga sudah melakukan seleksi atlet dalam persiapan Porprov. Termasuk menginput data dan cabor menyampaikan data atlit ke tim IT koni kabupaten Bengkayang secara online ke Provinsi Kalbar,” paparnya.

Adapun, lanjutnya, jumlah cabor yang ada di Kabupaten Bengkayang ada 36 cabor ada. Namun 2 cabor pada tahun 2022 tak di urus yaitu cabor tarung drajat dan cabor Percasi sebab tidak terbit dari pengprov.

“Dari 36 cabor setelah diverifikasi dan dipimpin ketua pembinaan prestasi KONI Kabupaten Bengkayang, kita mendapatkan 26 cabor yang siap untuk mengikut porprov,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, pada Porprov yang dihelat pada November nanti, ada beberapa Cabor yang diprediksi bakal jadi unggulan.

“Jika berkaca pada Porprov tahun 2018, kita memiliki 10 cabor andalan yang berpotensi menggali mendali,” tuturnya.

“Seperti cabor atletik, aeromodeling, biliar, Wushu, selam, tinju, grasstrack, badminton, silat, dan panjat tebing,” timpalnya.

Dia melanjutkan, mulai 2019 perkembangan pembinaan cabor juga terus meningkat.

“Kita optimis ada beberapa cabor berpotensi meraih medali. Seperti karate, kickbooxing, futsal, PSSI, Volley, E-Sport, Hoky , renang, basket, Percasi, takraw, gulat, binaraga, angkat berat, arung jeram, sepeda, triatlon, tenis meja dan dayung,” jelas Herman.

Kemudian, lanjut Herman, dari 26 Cabor yang akan dikirim pada porprov, bakal diikuti 207 atlet, pelatih asisten official 40, dan panitia 20, jadi totalnya 267 orang.

Terkait anggaran memang ini yang selalu menjadi perhatian utama, pada tahun 2022 ini kita mendapat hibah dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata sebesar 1 miliar rupiah.

“Dari anggaran yang ada ini, kita (KONI) akan pergunakan sebaik mungkin dengan maksimal serta siap bertanding,” tegasnya.

Untuk itu sambungnya, bagi cabor, KONI berharap pada bulan September setiap cabor sudah melakukan latihan mandiri di masing-masing cabor.

“Kami berharap cabor secara maksimal menyiapkan para atletnya sehingga bisa meraih medali dan berprestasi untuk kabupaten Bengkayang,” ucapnya.

“Pada Porprov kali ini mudah-mudahan Kabupaten Bengkayang bisa masuk 8 besar dari sebelumnya masuk 10 besar dari 14 kabupaten/kota,” pungkasnya. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Terima Penghargaan, Pj Bupati Sanggau: Motivasi Memberikan Pelayanan Terbaik

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten Sanggau kembali meraih prestasi. Kali ini dalam pembmangunan terbaik tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *