Jumat , 19 April 2024
Home / CULTURE / Keraton Surya Negara Gelar Pawai Obor Sambut Idul Fitri, Raja Sanggau: 1000-an Massa Bakal Hadir

Keraton Surya Negara Gelar Pawai Obor Sambut Idul Fitri, Raja Sanggau: 1000-an Massa Bakal Hadir

Foto—Pertemuan para perwakilan dari Ormas di Kabupaten Sanggau bersama Raja Sanggau di Keraton Surya Negara, Selasa (26/04/2022)—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Keraton Surya Negara Sanggau bakal menggelar Pawai Obor Kemenangan, yang bakal digelar Minggu (01/05/2022) malam. Kegiatan tersebut merupakan kesepakatan semua organisasi masyarakat (Ormas) Islam di Kabupaten Sanggau.

“Pada prinsipnya saya selaku tokoh masyarakat dan Raja Sanggau, banyak mendapat masukan dari umat Islam di Kabupaten Sanggau dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H. Jadi alangkah indahnya kalau kita menggelar pawai obor keliling,” kata Raja Sanggau, Gusti Arman, Selasa (26/04/2022) malam usai rapat dengan perwakilan Ormas di Keraton Surya Negara Sanggau.

Dikatakannya pawai tersebut merupakan inisiatif dari umat Islam di Kabupaten Sanggau. Mereka, kata Pak Teh, sapaan akrab Raja Sanggau, beranggapan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau yang harusnya melaksanakan pawai takbir keliling, tidak melaksanakan.

“Jadi saya sebagai Pangeran Ratu (gelar Raja Sanggau, red) di Kabupaten Sanggau mengambil inisiatif pelaksanaan pawai obor demi memeriahkan Idul Fitri. Ini saya lakukan karena umat Islam di Kabupaten Sanggau ini kayaknya berpecah belah dalam melaksanakan pawai obor. Masing-masing kampung yang melaksanakannya. Alangkah bagusnya kalau dilaksanakan secara bersama di Keraton Sanggau ini,” beber Raja Sanggau.

Ia mengimbau seluruh umat Islam, jemaah masjid maupun surau untuk hadiri menyemarakkan pawai obor keliling tersebut.

Terkait imbauan PHBI agar tak melaksanakan takbir keliling, Pak Teh menegaskan hal itu hanya sebatas imbauan.

“PHBI tidak boleh melarang. Apa hak dari PHBI melarang masyarakat untuk merayakan kemenangan ini. Saya katakan ini hak kami selaku umat Islam untuk merayakannya, apapun risikonya,” tegas Raja Sanggau.

Diprediksi 1000-an massa akan hadir di pawai tersebut. meningat kerinduan umat Islam Kabupaten Sanggau yang sudah lama tak melaksanakan takbir keliling lantaran pandemi.

“Akan kita kasih tahu secara lisan maupun surat pada jemaah masjid dan organisasi-organisasi lainnya. Untuk prokes kita juga imbau kepada para peserta. Kita juga akan memberitahu pihak kepolisian soal kegiatan ini,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *