Senin , 17 Juni 2024
Home / BENGKAYANG / Memperingati Hari Kartini, Sekda Bengkayang : Momentum Perempuan Tingkatkan Kualitas Diri

Memperingati Hari Kartini, Sekda Bengkayang : Momentum Perempuan Tingkatkan Kualitas Diri

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bengkayang memperingati hari Kartini ke -144 tahun 2022, yang di laksanakan di Aula V kantor Bupati Bengkayang, pada Kamis (21/4). Giat tersebut turut dihadiri beberapa unsur terkait.

Acara juga dipimpin langsung oleh Bupati Bengkayang yang dalam kesempatan ini diwakili Sekda kabupaten Bengkayang, yang turut dihadiri sejumlah unsur terkait. Diantaranya sejumlah pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemda Bengkayang, Camat se-Kabupaten Bengkayang, Lurah, Ketua PKK Kabupaten Bengkayang yang di wakili Bunda Paud, Ketua GOW, serta tamu undangan lain.

Dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Bengkayang, Obaja menjelaskan bahwa tujuan kegiatan Hari Kartini ke -144 adalah untuk memperingati, sekaligus menghormati perjuangan R.A Kartini. Terutama dalam memperjuangkan serta mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern ini.

Hal ini pula, kata dia, tentunya selaras dengan Undang Undang Nomor 7 Tahun 1984 tantang pengesahan Konvensi Penghapusan segala Bentuk diskriminasi terhadap perempuan dan peraturan Pemerintah Kabupaten Bengkayang nomor 34 Tahun 2019 tentang pedoman pelaksanaan pengarustamaan gender dalam membangun daerah.

“Hari Kartini merupakan momen untuk memperingati pahlawan perempuan yang pernah mngabdi untuk Negeri melalui perjuangan dalam bidang literasi,” ucap Obaja.

“Seperti yang kita tahu, Kartini menjadi Sosok yang Sangat berjasa bagi segenap Perempuan terutama di Indonesia melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 108 tahun 1964 yang menetapkan yang menetapkan sebagai hari pahlawan kemerdekaan nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini pada tanggal 21 April,” sambungnya.

Obaja menambahkan, lewat momentum peringatan Hari Kartini ke-144 ini diharap dapat memperkuat komitmen dan memberi motivasi bagi seluruh pihak untuk memperjuangkan peningkatan kualitas hidup perempuan di berbagai sektor sesuai dengan arahan Presiden. Terutama dalam membantu peningkatan pemberdayaan perempuan, Peningkatan peran ibu dalam mendidik anak, menurunkan kekerasan perempuan dan anak, penurunan pekerja Anak, dan pencegahan perkawinan anak.

“Sekali lagi saya mengucapkan Selamat kepada Kaum Perempuan pada hari ini di peringati hari Kartini yang ke -144. Semoga hal ini dapat dimaknai dan di implementasikan dalam kehidupan sehari hari peran perempuan Sehingga tercapailah tujuan Perempuan Berdaya, SDM Unggul Bengkayang Mantap,” pungkasnya. (TT).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Dinkes Sanggau Klaim Periode 2022-2023 Persentase Stunting Turun Hampir 10 Persen

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Menekan angka stunting menjadi salah satu target Pemerintah Kabupaten Sanggau. Optimis angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *