Kamis , 20 Juni 2024
Home / NEWS / KPU Sanggau Canangkan Zona Integritas, Paolus Hadi: Ini Berkaitan dengan Mentalitas

KPU Sanggau Canangkan Zona Integritas, Paolus Hadi: Ini Berkaitan dengan Mentalitas

Foto—Bupati Sanggau, Paolus Hadi (tengah berbaju putih) didampingi Ketua KPU Sanggau, Martinus Sumarto (memegang pakta integritas) berfoto bersama Forkompimda dan jajaran Komisoner KPU Kabupaten Sanggau, Rabu (09/03/2022)—-Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Komis Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau menggelar pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), Rabu (09/03/2022) di aula gedung KPU Sanggau.

Acara diawali penandatangan Pakta Integritas yang dimulai oleh Ketua KPU Sanggau, Martinus Sumarto, disaksikan Bupati Sanggau, Paolus Hadi dan jajaran Forkompimda.

Dalam sambutannya, Martinus Sumarto mengatakan pencanganan tersebut merupakan tindaklanjut dari surat Ketua KPU RI nomor 47/PW.01/X/2022 tentang penunjukkan satuan kerja pilot project implementasi pembangunan zona integritas tertanggal18 Januari 2022.

“Kami merupakan salah satu Satker yang ditunjuk sebagai unit kerja yang akan melaksanakan pencanangan zona integritas tersebut. Sebagaian dari kesungguhan institusi tersebut dalam menumbuhkan diri sebagai lembaga yang memiliki komitmen dan mencegah terjadinya KKN. Hari ini kami mencanangkan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM,” kata Martinus Sumarto.

Dikatakannya pemberantasan KKN merupakan merupakan upaya meningkatkan kinerja, tidak hanya demi mewujudkan reformasi birokrasi, tetapi juga merupakan target yang telah ditetapkan dalam membentuk lembaga KPU yang modern.

“Dalam pelaksanaannya tentu kami sebagai lembaga yang diamanatkan menyelenggarakan Pemilu perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak. Tanpa komitmen yang kuat serta kepercayaan masyarakat, tentu hal ini sulit tercapai,” kata dia.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan, rata-rata instansi vertikal sudah memulai mendorong bagaimana menjadi WBK. Target berikutnya adalah WBBM. Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Sanggau, Paolus Hadi mengaku mendukung penuh guna memastikan KPU Sanggau benar-benar mencapi WBK dan WBBM.

“Tentunya ini dituntut betul integritas dari KPU. Memang kata-kata ini saya pahami mudah diucapkan, tapi berkaitan juga dengan mentalitas dan mekanisme yang dibangun. KPU bukan hanya di kantor ini. Nanti sampai ke tingkat desa. Di situlah integritas dituntut,” terang PH, sapaan Paolus Hadi.

Ia mengaku mendengar banyak ‘cerita’ ketika pelaksanaan Pemilu. Satu sisi, tentu untuk memonitor seluruh wilayah Kabupaten Sanggau tentu bukan pekara mudah.

“Kabupaten kita luasnya saja, harusnya sudah menjadi sebuah provinsi baru. Karena sebanding dengan luas Banten. Masih plus kita. Masalahnya kita masih kurang buat anak. Penduduk kita belum cukup,” kelakar PH. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pelaku dan Korban Berdamai, Kejari Sanggau di Entikong Hentikan Tuntutan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau di Entikong Adi Rahmanto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *